Soloraya
Sabtu, 3 Januari 2015 - 04:51 WIB

Tim SAR Wonogiri Punya 4 Anggota Perempuan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Empat anggota baru SAR Wonogiri mengikuti upacara penutupan diklatsar di pinggir Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri belum lama ini. (Trainto HS/JIBI/Solopos)

Tim SAR Wonogiri kini memiliki empat anggota perempuan.

Solopos.com, WONOGIRI —  Wonogiri kini memiliki empat anggota perempuan setelah keempatnya lolos pada kegiatan pendidikan dan pelatihan dasar (diklatsar) Wonogiri yang berakhir akhir Desember.

Advertisement

Diklatsar digelar selama lima hari dengan materi survival, pertolongan darat dan pertolongan air. Sebanyak 16 orang dari 22 peserta dinyatakan lulus dan lolos magang search and rescue (SAR) Wonogiri.

Penegasan itu disampaikan Komandan Operasional SAR Wonogiri, Ashari Wisnu mewakili Ketua SAR Wonogiri, Jumat (2/1/2014).

“Diklatsar ditutup di pinggir perairan Waduk Gajah Mungkur, Kedungareng, Kelurahan Wuryorejo, Wonogiri, 30 Desember. Ke-16 anggota baru diberi kesempatan magang selama setahun. Selama setahun para magang akan dilibatkan dalam kegiatan SAR, baik evakuasi ataupun kegiatan internal.”

Advertisement

Menurutnya, jumlah anggota SAR Wonogiri menjadi 86 orang dengan tambahan 16 peserta diklatsar.

Terpisah, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto mengapresiasi diklatsar SAR Wonogiri.

Dia mengingatkan, seorang relawan meski memiliki empat hal, yakni kepekaan, kepedulian, keihklasan dan kegotongroyongan.

Advertisement

“Seseorang yang sudah memiliki kepedakaan tanpa ditindaklanjuti dengan kepedulian belum berguna di masyarakat. Seorang relawan SAR sudah memiliki empat kriteria itu sehingga perlu dicontoh warga lain.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif