News
Sabtu, 3 Januari 2015 - 22:00 WIB

PESAWAT AIRASIA DITEMUKAN : KNKT Kantongi Transkrip Pembicaraan Pilot

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jenazah korban Airasia selesai diperiksa, Kamis (1/1/2014) malam. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Pesawat Airasia ditemukan di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan. Seiring dengan pencairan korban dan bangkai pesawat, KNKT mengaku telah mengantongi transkrip pembicaraan pilot.

Solopos.com, JAKARTA — Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih belum menemukan kotak hitam (black box) AirAsia QZ8501. Namun pihaknya telah mengantongi transkrip pembicaraan pilot selama penerbangan.

Advertisement

“Transkrip sudah kita kumpulkan tapi belum dianalisa. Tetapi sudah ada yang mulai ditulis untuk factual report yang nantinya akan dikirim ke negara pabrikan dan keenam negara yang menjadi korban seperti negara Prancis, Singapura dan Korea Selatan,” ujar Ketua KNKT Tatang Kurniadi di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (3/1/2015) sebagaimana ditulis Detik.

Lanjut Tatang, negara yang menjadi victim (korban kecelakaan pesawat) juga berhak mengirimkan perwakilannya untuk bersama-sama melakukan investigasi bersama KNKT.

“Negara yang punya victim boleh memberikan perwakilan investigator yang datang,” sambungnya.

Advertisement

Ini sesuai ratifikasi International Civil Aviation Organitaion (ICAO) yang telah ditandatangani Indonesia.

Salah satu poin yang tertera dalam kesepakatan yang ditekankan oleh organisasi penerbangan sipil internasional itu adalah menyantumkan transkrip dalam bahasa Inggris dan diberikan ke masing-masing negara yang menjadi korban.

“KNKT sejak hari pertama harus kumpulin dokumen pesawaat kecelakaan seperti dokumen list passanger, maintance dan kargo. Proses lanjutan investigasi nanti setelah black box dibuka,” tukas tatang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif