Lifestyle
Sabtu, 3 Januari 2015 - 07:30 WIB

HASIL PENELITIAN : Waspadai Kuku Panjang Sebabkan Masalah Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kuku bersih, sehat dan indah (magforwomen.com)

Hasil penelitian menyebutkan memiliki kuku panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Solopos.com, SOLO – Kuku panjang selalu dikaitkan dengan feminitas dan kecantikan, tapi hasil penelitian menyebutkan kuku panjang dapat menambah risiko timbulnya penyakit dan beberapa masalah kesehatan ketika tidak rawat dengan baik.

Advertisement

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Infectious Disease Society of America memberikan hasil yang cukup mencengangkan. Kuku yang lebih panjang dari tiga milimeter di luar ujung jari mengadung bakteri berbahaya.

Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan kebanyakan orang tidak mencuci tangan dengan baik untuk menyingkirkan semua kuman di bawah kuku mereka. Menurut penulis studi, Dr Carol A. Kauffman, seseorang harus mecuci tangan mereka selama 15 detik untuk menyingkirkan kuman yang tidak terlihat oleh mata.

Setiap harinya, tangan melakukan kontak dengan ratusan benda. Anda juga menggunakan tangan untuk kegiatan seperti memasak dan makan. Kuku panjang berpotensi menyebabkan sejumlah masalah kesehatan karena kuku menjadi tempat sempurna bagi kuman dan kotoran untuk tinggal. Para ahli kesehatan setuju bahwa kuku harus dipotong pendek dan tetap bersih.

Advertisement

Kenyataanya, banyak wanita memilih untuk menjaga kuku panjang mereka baik dengan tumbuh secara alami atau dengan memakai kuku buatan. Penting bagi Anda mendapatkan informasi tentang potensi risiko memiliki kuku panjang. Perlu diperhatikan juga untuk mengambil tindakan pencegahan dengan memastikan Anda merawat kuku dengan baik.

Namun ketika Anda harus memiliki kuku panjang, sadarilah untuk tetap menjaga kesehatan. Jangan gunakan kuku untuk membuka benda-benda yang dapat mengikis bagian dari kuku Anda, sehingga tajam dan berbahaya. Pastikan Anda memakai sarung tangan saat memasak, membersihkan, dan mencuci tangan untuk mencegah kuman mengumpul di bawah kuku Anda.

Hindari menggigit kuku, karena merupakan kebiasaan buruk yang memungkinkan kuman masuk ke dalam tubuh Anda. Bersihkan tempat kuku dan kutikula sesering mungkin. Perlu Anda sadari, dokter yang telah melakukan penelitian mendapatkan hasil tentang bahaya memiliki kuku panjang tetap memperingatkan Anda untuk tidak mengambil risiko dengan memotong kuku secara teratur.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif