Teknologi
Jumat, 2 Januari 2015 - 21:50 WIB

FENOMENA ALAM : Bulan Ini, Hujan Meteor Bakal Hiasi Langit

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Fenomena alam berupa hujan meteor bakal terjadi di bulan Januari 2015

Solopos.com, SOLO – Awal tahun 2015 akan diwarnai dengan berbagai fenomena alam yang menakjubkan. Hujan meteor, bulan purnama, hingga bulan baru akan memanjakan pencinta dunia astrologi.

Advertisement

Di awal tahun 2015 akan terjadi hujan meteor. Puncak fenomena ini akan terjadi pada Sabtu-Minggu (3-4/1/2015) . Akan ada setidaknya 40 meteor hadir di tiap jamnya.

Hal ini diduga dihasilkan oleh butiran debu yang ditinggalkan oleh komet 2003 EH1 yang ditemukan pada tahun 2003.

Dikutip Solopos.com, Jumat (2/1/2014) dari situs astronomi, Seasky.org, hujan meteor sebenarnya terjadi setiap tahun dari 1-5 Januari.

Advertisement

Tapi fenomena alam ini mencapai puncaknya  di malam Sabtu-Minggu (3-4/1/2015). Penampakan hujan meteor terbaik terjadi setelah tengah malam. Meteor akan memancar dari langit yang dapat dilihat langit mana saja.

Di hari Senin (5/1/2015), akan terjadi gerhana bulan. Bulan memiliki posisi berlawanan dengan Bumi dari Matahari. Dari Bumi, Bulan akan terlihat sangat terang.

Dalam kepercayaan suku asli Amerika bulan purnama ini dikenal dengan sebutan Bulan Purnama Serigala karena merupakan waktu di mana serigala lapar melolong dan keluar dari persembunyiannya. Bulan ini juga telah dikenal sebagai Bulan Tua dan Bulan Setelah Natal.

Advertisement

Di tanggal 20 Januari 2015 akan terjadi fenomena alam new moon atau bulan batu. Bulan akan langsung di antara Bumi dan Matahari dan tidak akan terlihat dari Bumi.

Namun, di saat tersebut adalah waktu terbaik untuk mengamati benda-benda samar seperti galaksi dan gugus bintang karena tidak ada cahaya bulan mengganggu.

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif