Lifestyle
Selasa, 30 Desember 2014 - 15:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Kebiasaan Wanita Ini Ternyata Berdampak Negatif Bagi Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menggunakan sepatu hak tinggi (Trulytafakari.com)

Tips kesehatan ini menjadi sebuah peringatan bagi wanita yang seringkali mengabaikan kesehatan hanya demi penampilan.

Solopos.com, SOLO – Anda mungkin selalu mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga, namun ternyata tanpa disadari Anda melakukan kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Tips kesehatan memberikan beberapa kebiasaan wanita yang justru berdampak negatif bagi kesehatan.

Advertisement

Seperti dilansir situs tips kesehatan, Ivillage.co.uk, Sabtu (27/12/2014), berikut ini sejumlah kebiasaan yang umum dilakukan oleh wanita yang berakibat buruk bagi kesehatan:

– Memakai Sepatu Hak Tinggi
Makin banyak wanita yang menggunakan sepatu hak super tinggi saat melakukan kegiatan sehari-hari. Tips kesehatan menyebutkan kebiasaan ini berakibat buruk karena dapat mempengaruhi postur tubuh dan memberi tekanan pada tulang sendi.

Hal tersebut dapat pula menimbulkan sakit punggung, radang sendi, dan cedera tendon. Untuk kegiatan sehari-hari, sebaiknya pilih hak sepatu setinggi 3-5 cm dan simpan sepatu hak 12 cm Anda hanya untuk acara-acara khusus.

Advertisement

– Membawa Tas Berat
Untuk bekerja, Anda terbiasa membawa tas besar yang menyimpan segala macam kebutuhan, mulai dari ponsel, gadget, kosmetik, dan aksesori semuanya masuk ke dalam. Akhirnya Anda membawa tas yang beratnya beberapa kilogram di pundak setiap harinya.

Jika dibiarkan, kebiasaan ini akan menyebabkan sakit pada punggung belakang, leher, dan membuat postur tubuh jadi buruk. Sebaiknya pilih tas berukuran kecil atau sedang, serta bawa hanya barang-barang yang Anda butuhkan.

– Tidur dengan Riasan Wajah
Saking lelahnya, Anda langsung tertidur dengan riasan wajah masih menempel. Kebiasaan seperti ini bisa menutup pori-pori wajah dan tumpukan kotoran bisa memunculkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, tidur dengan maskara dan riasan mata juga bisa menyebabkan iritasi mata dan infeksi.

Advertisement

– Salah Memakai Ukuran Bra
Tahukah Anda 70 persen wanita di dunia memakai ukuran bra yang salah? Memakai bra yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh Anda tidak hanya tampak buruk, tapi juga bisa menimbulkan sakit pada punggung, leher, payudara, iritasi kulit, dan sirkulasi darah. Sebelum membeli bra, sebaiknya minta bantuan pramuniaga untuk mengukur tubuh Anda terlebih dulu.

– Terlalu Khawatir
Stres bisa berakibat buruk bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Wanita memiliki kecenderungan untuk lebih banyak khawatir dan stres dibandingkan pria, yang akhirnya menimbulkan depresi serta kecemasan. Selain terlalu banyak memikirkan soal masa depan, wanita juga biasanya terlalu sering menyesali apa yang terjadi di masa lalu dan memikirkan hubungan asmara yang telah berlalu.

– Terobsesi Penampilan
Pria dan wanita punya rasa tidak aman yang berbeda. Wanita cenderung memiliki obsesi untuk tampil sempurna. Dalam sebuah penelitian bahkan menyebutkan sebanyak 90 persen mempunyai keinginan untuk mengubah setidaknya satu aspek dalam penampilan tubuh mereka.

Itulah tips kesehatan yang penting untuk Anda ketahui dan pastinya dapat Anda perhatikan sebagai salah usaha untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif