Sport
Selasa, 30 Desember 2014 - 14:50 WIB

CATATAN AKHIR TAHUN SEPAK BOLA : 2014 Sebagai Tahun Kegagalan Timnas Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Skuad timnas Indonesia tahun 2014 mengalami kegagalan di sejumlah ajang. Ist/Dok

Catatan akhir tahun sepak bola Indonesia cukup memprihatinkan. Sepanjang tahun 2014 silam hampir seluruh timnas Indonesia di seluruh kelompok umur menui kegagalan.

Solopos.com, SOLO — Tahun 2014 segera berakhir. Apa yang terjadi dengan tim nasional Indonesia dari segala umur sepanjang tahun, rasanya 2014 memang bisa disebut sebagai tahun kegagalan bagi sepakbola Indonesia.

Advertisement

Ya, kegagalan timnas senior di Piala AFF 2014 memupuskan harapan Indonesia berprestasi pada tahun ini. Karena pada seluruh kompetisi yang diikuti timnas, baik senior maupun junior, tak ada satu pun yang menghasilkan trofi juara.

Pada tahun 2015 Indonesia dipastikan tidak berpartisipasi di Piala Asia. Ini dikarenakan Indonesia tak bisa memberi kejutan pada China, Irak, dan Arab Saudi di babak kualifikasi. Dari 6 kali bertandingan, hanya satu poin diraih anak-anak “Merah Putih”.

Seperti dilansir detiksport, pada bulan Maret 2014, Indonesia menderita kekalahan yang kelima. Melawan Arab Saudi di stadion Prince Muhamed bin Fahd, Dammam, Hamka Hamzah cs takluk dengan skor tipis 1-0. Sebelum kekalahan itu pun Indonesia sudah dipastikan tak lolos ke Piala Asia Januari mendatang di Australia.

Advertisement

Kegagalan itu berarti pula untuk kedua kalinya berturut-turut Indonesia absen di Piala Asia. Padahal, sebelumnya kita selalu tampil di putaran final dari 1997 sampai 2007, walaupun hanya sampai fase grup.

Pada kualifikasi kali ini Indonesia tak berdaya di hadapan tim-tim yang memang dikenal kuat di kawasan Asia. Dus, itu berarti pula kualitas timnas kita tak meningkat.

Sedikit perbandingan, Indonesia lolos ke putaran Piala Asia 2000 dan 2004 karena tim-tim pesaing di babak kualifikasi terbilang “berimbang” seperti Hong Kong, Yaman, Kamboja, dan Bhutan. Adapun di Piala Asia 2007, Indonesia berpartisipasi karena berstatus tuan rumah dan tak perlu mengikuti kualifikasi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif