Soloraya
Senin, 29 Desember 2014 - 05:45 WIB

PASAR KLEWER TERBAKAR : Ini Dia Kejanggalan Kebakaran Pasar Klewer Solo...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kebakaran Pasar Klewer Solo, Minggu (28/12/2014) dini hari. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Pasar Klewer terbakar dengan menyisakan sejumlah kejanggalan. Kejanggalan-kejanggalan itu ditengarai Himpunan Pedagang Pasar Klewer.

Solopos.com, SOLO — Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Solo menengarai kejanggalan saat Pasar Klewer terbakar, Sabtu (27/12/2014) hingga .Minggu (28/12/2014). Kejanggalan-kejanggalan dalam kebakaran Pasar Klewer Solo itu mengemuka saat digelar rapat restrukturisasi di Omah Sinten Heritage. Minggu.

Advertisement

Humas HPPK, Kusbani, menyebutkan awalnya ia bersama sejumlah pedagang yang tersisa di Pasar Klewer sempat mencoba memadamkan api di titik asal kebakaran yang terletak di Los D-87, Sabtu malam. “Saya bersama sejumlah pedagang sempat memadamkan api di pasar sebelah barat-selatan dengan bantuan APAR [alat pemadam api ringan],” kata Kusbani saat ditemui di sela-sela rapat.

Selepas berhasil memadamkan api di kios milik salah seorang pedagang itu, Kusbani mengatakan ada titik api lain yang berjarak satu blok dari tempatnya semula. “Penyebab kebakaran konsleting listrik tidak masuk akal. Setiap pasar tutup, listrik kami padamkan. Hanya instalasi di lorong yang tersisa. Tapi ada sumber api lain di tempat lain yang berjarak satu blok,” ujarnya.

Belum sempat pedagang dan petugas keamanan Pasar Klewer memadamkan api di dua tempat yang berbeda, lanjut Kusbani, terjadi kebakaran lain di lantai atas tepatnya di kompleks DD. “Tiba-tiba dari kios DD terdengar ledakan. Kami langsung berlari dan menyelamatkan diri. Setelah itu pemadaman diambil alih petugas pemadam kebakaran,” jelasnya.

Advertisement

Dari sejumlah sumber api yang melalap pasar bernilai Rp10 triliun tersebut, Kusbani menduga penyebab kebakaran bukan berasal dari puntung rokok ataupun konsleting. “Kejadian kebakarannya janggal. Tidak mungkin hanya rokok atau konsleting,” bebernya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif