Jogja
Senin, 29 Desember 2014 - 20:40 WIB

Jalan Ambles, Jalur Alternatif Klaten-Gunungkidul Nyaris Putus

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi jalan yang ambles di Dusun Buyutan, Desa Ngalang, Gedangsari, Senin (29/12/2014). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Jalan ambles di Gunungkidul membuat jalur alternatif Klaten-Gunungkidul Nyaris Putus

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Akses jalur alternatif Klaten-Gunungkidul terancam putus. Hal itu terjadi karena ruas jalan di Dusun Buyutan, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari ambles sedalam satu meter dan dengan panjang 50 meter, Minggu (28/12/2014).

Advertisement

Amblesnya jalan diduga karena hujan yang terus mengguyur selama dua hari di wilayah tersebut. Kondisi ruas jalan saat ini sudah dipasangi tali pembatas dan papan peringatan untuk berhati-hati.

Hanya, jika tidak segera ditangani, lokasi ambles ditakutkan akan meluas, karena guyuran hujan. Selain itu, lokasi ambles berada di dekat tebing yang langsung berbatasan dengan alur sungai.

Salah seorang warga, Wagiyem,55, mengatakan, tidak ada yang tahu persis peristiwa itu. Masyarakat hanya tahu jika kondisi jalan ambles.

Advertisement

“Kami tahunya kemarin [Minggu, 28 Desember]. Mungkin peyebabnya dikarenakan hujan yang terus mengguyur selama dua hari,” kata Wagiyem saat ditemui di sekitar lokasi.

Dia menjelaskan, amblesnya jalan membuat akses jalan menjadi terganggu. Padahal jalur itu merupakan akses utama bagi warga di Kecamatan Gedangsari. Sementara, jalur tersebut juga merupakan jalan alternatif Wedi (Klaten, Jawa Tengah) dengan Gedangsari.

“Saat ini masih bisa dilalui, namun pengendara juga harus berhati-hati. Untuk bersimpangan saja tidak bisa, dan kendaraan harus saling bergantian,” papar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif