Lifestyle
Jumat, 26 Desember 2014 - 20:40 WIB

TIPS KESEHATAN : Tahukah Anda Tidur Bisa Turunkan Berat Badan?

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tidur Berkualitas (Magforwomen.com)

Tips kesehatan kali ini menjelaskan bagaimana tidur bisa membantu menurunkan berat badan Anda.

Solopos.com, SOLO—Menurunkan berat badan tidak harus dengan diet ketat. Ada cara yang lebih bersahabat untuk mewujudkan tubuh ideal, seperti memperbanyak menu sehat atau mengatur waktu makan diimbangi dengan olahraga. Tidur pun menjadi salah satu faktor yang memengaruhi berat badan Anda.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari Magforwomen, Jumat (26/12/2014) ada alasan mengapa tidur dapat membantu Anda untuk mendapatkan tubuh ideal.

Tidur Malam

Advertisement

Tidur Malam

Tidur di malam hari membuat tubuh rileks dan metabolisme normal. Tubuh yang rileks dan metabolisme yang baik akan membuat tubuh kita menyerap sari-sari makanan secara maksimal, sehingga tidak akan menimbulkan kelaparan saat malam hari.

Maka, tidur di waktu awal lebih disarankan karena akan menghindarkan Anda dari rasa lapar di tengah malam yang memberi peluang bagi Anda untuk ngemil lebih banyak. Tidur awal dan bangun di pagi hari dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.

Advertisement

Kortisol adalah hormon yang diproduksi kelenjar adrenal. Hormon ini meningkatkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Apabila tidur Anda sedikit, hormon ini akan naik dan membuat tubuh lemas saat bangun.

Badan yang lesu akan membuat Anda tidak dapat melakukan banyak aktivitas. Tidur awal dan bangun pagi akan menekan kenaikan kortisol, sehingga badan lebih fit untuk melakukan banyak kegiatan.

Mengisi hari dengan banyak kegiatan akan membantu metabolisme untuk membakar lemak dalam tubuh. Maka sangat penting bagi Anda untuk tidur cukup.

Advertisement

Ghrelin dan Leptin

Tubuh juga memproduksi hormon ghrelin dan leptin. Kedua hormon tersebut memiliki peran bertolak belakang. Ghrelin mendorong Anda untuk makan, sedangkan leptin mengirim pesan dari otak untuk berhenti makan saat sudah kenyang.

Sedikit tidur akan menurunkan produksi leptin, sehingga tubuh akan cenderung kehilangan kontrol saat makan. Tidur cukup akan menyeimbangkan produksi kedua hormon ini, sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

Advertisement

Penurunan Insulin

Insulin adalah hormon yang membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Kurang tidur akan membuat insulin turun sekitar 30%. Penurunan insulin akan membuat tubuh Anda sulit membakar lemak dan lemak akan menumpuk di tubuh. Tidur cukup menyeimbangkan kadar insulin dan membantu tubuh membakar lemak dengan baik.

Tidur menjadi hal yang harus Anda perhatikan. Sama pentingnya dengan menjaga pola makan dan melakukan olahraga teratur.

Maka, apabila Anda merasa kurang tidur saat malam, pastikan untuk dapat tidur siang agar stamina tubuh kembali dan Anda dapat melanjutkan aktivitas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif