Jogja
Jumat, 26 Desember 2014 - 05:20 WIB

Tim SAR Kulonprogo Kerahkan 38 Personel Awasi Pesisir Pantai

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemecah ombak di lahan Pelabuhan Tanung Adikarta Pantai Glagah. (HOly Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Tim SAR Kulonprogo mengerahkan 38 personel untuk mengawasi pesisir pantau, guna mencegah terjadinya kecelakaan laut

Harianjogja.com, KULONPROGO – Menyambut musim libur Natal, Tahun Baru dan libur sekolah, sebanyak 38 personel SAR dikerahkan di sepanjang pesisir pantai Kulonprogo.

Advertisement

Diprediksi kenaikan wisatawan di kawasan tersebut meningkat hingga lima kali lipat dari hari biasa.

Koordinator SAR Linmas Wilayah V Kulonprogo Samsudin mengatakan, untuk mengamankan kawasan wisata pantai ini, setidaknya 38 personel.

“Kami terjunkan di saat-saat tertentu. Di puncak kepadatan pengunjung, semua personel diterjunkan untuk mengawasi sepanjang pesisir pantai dari Pantai Trisik sampai Pantai Congot,” ujar Samsudin, baru-baru ini.

Advertisement

Samsudin mengatakan, di hari Sabtu dan Minggu seluruh personil disiagakan. Sementara di hari biasa, meski masih dalam suasana liburan, hanya separuh personil yang disiagakan.

Dia menambahkan, sejumlah titik rawan juga akan dipantau. Mengingat banyaknya pengunjung dari berbagai daerah yang datang. Dua titik rawan di Pantai Glagah yakni di muara Sungai Serang dan kawasan pemecah ombak merupakan dua titik yang diwaspadai.

“Di muara sungai terutama, karena banyak pengunjung yang tidak menyadari di kawasan itu justru berbahaya karena banyak batuan. Sedangkan di pemecah ombak, kadang kala ombak yang datang tidak terduga, tahu-tahu ombak besar datang itu membahayakan,” jelas Samsudin.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif