News
Jumat, 26 Desember 2014 - 13:30 WIB

PERINGATAN TSUNAMI ACEH : Pemprov Aceh Berikan Penghargaan kepada 35 Perwakilan Negara Donor

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa)

Peringatan tsunami Aceh di Banda Aceh hari ini juga memberikan penghargaan kepada negara-negara yang memberikan bantuan pascatsunami.

Solopos.com.BANDA ACEH — Pemerintah Provinsi Aceh dan Wali Nanggroe memberikan penghargaan tertinggi rakyat Aceh yakni Gelar Kehormatan Sri Paduka Tuan Seberang dan Piagam Kuta Alam Thanks to the World kepada 35 perwakilan negara donor pascatsunami.

Advertisement

Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar di sela-sela peringatan 10 tahun tsunami di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

“Bantuan mulai mengalir begitu kuat pascatsunami. Berkat dukungan ini rakyat Aceh kembali punya harapan. Bencana tersebut juga mendorong penyelesaian konflik yang sudah berlarut-larut selama 20 tahun,” ujar Zaini, Jumat (26/12/2014).

Beberapa perwakilan negara donor yang menjadi penerima di antaranya Singapura, Malaysia, India, Banglades, Jerman, Belanda, Perancis, Oman, Slovakia, Irlandia, Denmark, Inggris, Italia, Turki, Kuwait, Polandia, Finlandia, Australia, Swiss, dan Amerika Serikat.

Advertisement

Pemberian penghargaan tersebut pertama kali dilakukan pada peringatan tsunami tahun ini. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan bantuan kemanusiaan dari negara donor, termasuk bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca tsunami 24 Desember 2004.

“Program antisipasi kebencanaan masih kami jadikan fokus pada RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Aceh 2012-2017. Kami ingin masyarakat terus waspada,” pungkas Zaini Abdullah.

Upacara peringatan 10 tahun tsunami dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjadi pemimpin upacara peringatan. Adapun JK didampingi di antaranya oleh Menko Perekonomian Sofyan Jalil, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Yuddi Chrisnandi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif