Lifestyle
Kamis, 25 Desember 2014 - 23:31 WIB

TIPS KARIER : Ini Dia Kiat Sukses Wawancara

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - wawancara/ Rabu/24/12/2014 (Sumber: ethique-et-recrutement.org)

Tips Karier kali ini membahas tentang kiat-kiat sukses dalam melakukan wawancara saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Solopos.com, SOLO—Wawancara atau interview merupakan salah satu bagian dari proses rekrutmen suatu perusahaan dalam mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria.

Advertisement

Wawancara kadang menjadi momok saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Biasanya dalam suatu perusahaan, selain tes tertulis ada juga tes wawancara. Pada tahap wawancara, Anda akan diuji kelayakan untuk bisa bergabung dan bekerja di perusahaan tersebut.

Sebenarnya banyak orang yang bisa dengan mudah melewati tahap wawancara ini. Namun, banyak juga para pencari kerja yang gagal saat tes wawancara.

Advertisement

Dikutip dari amazine.co Rabu (24/12/2014), ada beberapa tips sederhana saat wawancara kerja yang dapat membuat Anda lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Berikut kiat-kiat lolos tes wawancara:

Cari Informasi

Semakin banyak Anda tahu tentang perusahaan tersebut, akan semakin baik. Cari informasi perusaaan melalui internet atau tanyakan pada teman yang sudah pernah bekerja di perusahaan tersebut.

Saat pewawancara menanyakan tentang perusahaan yang Anda lamar, mereka akan terkesan dengan pengetahuan Anda.

Advertisement

Perkirakan Jenis Pertanyaan

Pertanyaan umum yang sering ditanyakan antara lain mengapa Anda ingin bekerja untuk perusahaan tersebut, apa tujuan karir Anda, apa rencana masa depan Anda.

Anda harus terus melatih pertanyaan-pertanyaan ini dan memberikan jawaban yang ringkas dan jelas. Berlatih dengan keluarga atau teman adalah salah satu usaha penting yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan wawancara kerja.

Pemilihan Pakaian

Advertisement

Pakaian formal merupakan pilihan terbaik. Pakailah pakaian yang rapi, dan soppan. Cobalah untuk tidak mengenakan pakaian yang tidak terlalu banyak warna, hal itu karena pakaian yang mencolok dapat mengalihkan perhatian pewawancara.

Datang Lebih Awal

Datang lebih awal penting agar Anda dapat memulai wawancara dengan hati yang tenang. Selain terburu-buru, datang terlambat tidak memberikan kesan yang baik kepada pewawancara.

Penting untuk memperkirakan waktu tempuh perjalanan dan kondisi jalan (macet atau lancar) agar dapat datang ke wawancara kerja lebih awal.

Advertisement

Kesan Baik

Saat memulai wawancara, cobalah untuk tersenyum dan menjabat tangan pewawancara untuk memecah kebekuan dan memberikan kesan awal yang baik. Saat menjawab pertanyaan usahakan untuk menatap ke arah pewawancara pada mata mereka.

Hal ini akan menunjukkan rasa percaya diri Anda. Jangan tertawa atau tersenyum saat pewawancara mengajukan pertanyaan dengan nada serius. Anda harus bisa membaca suasana saat wawancara kerja.

Jangan Berbohong

Beberapa pertanyaan mungkin memaksa Anda untuk berbohong. Tapi jangan pernah lakukan hal ini karena pewawancara bisa saja menebak ketika Anda tidak mengatakan yang sebenarnya.

Jangan Terburu-Buru

Advertisement

Jangan terburu-buru menjawab pertanyaan. Dengar pertanyaan pewawancara sampai selesai. Setelah itu pikirkan sejenak sebelum Anda menjawab. Jika pewawancara membuat pernyataan negatif tentang sesuatu dari jawaban Anda, dan tetaplah tenang. Mereka ingin melihat bagaimana reaksi Anda saat wawancara.

Jawab Pertanyaan

Jawab pertanyaan secara langsung dengan ringkas dan jelas.Jangan bercerita panjang lebar yang tidak berhubungan langsung dengan pertanyaan pewawancara.

Tidak perlu menjawab 100% benar, usahakan saja menjawab semua pertanyaan sebaik-baiknya dengan jujur.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif