Sport
Rabu, 24 Desember 2014 - 07:25 WIB

TENIS DUNIA : Dimitrov–Halep Rebut Gelar Atlet Terbaik

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Simona Halep dan Grigor Dimitrov menjadi atlet terbaik di negarany masing-masing. Ist/Dok

Tenis dunia musim lalu menghadirkan petenis-petenis luar biasa, di antaranya Grigor Dimitrov dan Simona Halep.

Solopos.com, SOFIA— Duo petenis muda dunia, Grigor Dimitrov dan Simona Halep, dapat kado istimewa di akhir tahun. Kedua petenis ini resmi dinobatkan sebagai atlet terbaik di negaranya masing-masing. Penghargaan ini seakan melengkapi rapor apik kedua petenis yang tampil cemerlang sepanjang musim 2014.

Advertisement

Prestasi terbaik Dimitrov di musim ini adalah mencapai babak semifinal Grand Slam Wimbledon 2014. Catatan apik ini mengantarkannya menyabet award Athlete of the Year dalam hasil jajak pendapat jurnalis olahraga Bulgaria. Di samping itu, Dimitrov juga berhasil merebut tiga titel juara ATP dalam tiga jenis lapangan tenis yang berbeda di musim ini.

Sebelum bertengger di peringkat ke-11 sekarang, pacar Maria Sharapova ini pernah masuk 10 besar dunia pada April lalu. Petenis 23 tahun ini mendapat 125 suara wartawan dari 53 media yang berpartisipasi. Jajak pendapat untuk menentukan atlet terbaik di Bulgaria ini sudah dilakukan selama 57 kali beruntun.

“Terima kasih untuk kepercayaan Anda kepada saya. Ini sangat berarti bagi saya,” ungkap Dimitrov, dilansir Reuters, Selasa (23/12).

Advertisement

Sementara itu, Halep juga meraih penghargaan serupa di Rumania. Torehan paling gemilangnya musim ini adalah menjadi runner up Grand Slam French Open. Petenis putri 23 tahun ini mendapat award sebagai petenis terbaik yang digelar melalui polling oleh media di Rumania, Gazeta Sporturilor.

Selain mampu menembus ketatnya persaingan hingga tiba di final French Open, Halep juga mencatatkan sejarah baru dengan menjadi petenis Rumania pertama yang bertengger di peringkat kedua dunia. Sepanjang musim ini ia sukses menyabet dua titel juara, yakni Doha Open dan WTA Bucharest.

Sebelumnya, Halep juga didapuk menjadi petenis terpopuler versi situs resmi WTA. Nama Halep adalah yang paling dicari dalam website resmi asosiasi tenis dunia ini. Popularitas Halep yang naik tajam membikin petenis Rumania berada di baris terdepan meraih penghargaan kategori Player of The Year. Halep menjadi buah bibir lantaran kiprahnya yang menakjuban. Ia melejit melebihi ketenaran pemain nomor satu dunia, Serena Williams, dan petenis cantik, Maria Sharova.

Advertisement

Bahkan, ia lolos ke laga pamungkas WTA Tour Finals di Singapura untuk kali pertama sepanjang kariernya. Tak hanya hadir sebagai debutan, petenis yang pernah bertengger di nomor dua dunia Agustus lalu itu sampai di babak final yang juga menjadi yang pertama untuknya. Sayang, ia kurang beruntung karena tak kuasa membendung ketangguhan Serena Williams. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif