Entertainment
Rabu, 24 Desember 2014 - 08:00 WIB

MANGA & ANIME JEPANG : Doraemon Dibajak, Film Anime Jepang Ancam Boikot Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cuplikan Stand By Me (youtube)

Manga dan Anime Jepang di Indonesia diramaikan oleh isu pembajakan. Stand By Me Doraemon kini ramai beredar versi bajakan.

Solopos.com, SOLO – Aksi pembajakan film Stand By Me Doraemon jadi sorotan produsen film anime Jepang. Kabarnya, pembajakan ini membuat rumah produksi yang menaungi The Last – Naruto The Movie dan live action Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) ketar kertir.

Advertisement

Film Stand By Me Doraemon hanya tayang di jaringan Blitzmegaplex. Seperti di Soloraya, jaringan Blitzmegaplex hanya ada satu. Hal ini membuat sebagian penggemar Doraemon kecewa, lantaran tak bisa menonton di penayangan perdana.

Rupanya ini pula yang mendorong maraknya pembajakan film kucing robot ajaib itu.

Di sejumlah situs berbagi video dan film, film Stand By Me Doraemon sudah bisa diunduh. Bahkan sudah ada yang menyertakan subtitle berbahasa Indonesia

Advertisement

Pembajakan ini lantas disorot sejumlah pengembang anime Jepang.

Dilansir laman Jurnalotaku, Minggu (21/12/2014), pengurus lisensi film Jepang, Enrico Fermi, mengatakan pemegang lisensi film-film Jepang telah menyadari banyaknya pengunduh ilegal Stand By Me Doraemon dari Indonesia.

Hal itu pun membuat mereka prihatin dan kecewa, hingga akhirnya mempertimbangkan untuk menarik lisensi film-film Jepang yang selanjutnya akan tayang di Indonesia. Dalam hal ini termasuk film The Last – Naruto The Movie dan Attack on Titan.

Advertisement

Pihak lisensor kini telah meminta kepada para penggemar Doraemon dan film-film Jepang agar berhenti menyebarkan link ilegal Stand By Me Doraemon.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif