Jogja
Rabu, 24 Desember 2014 - 16:40 WIB

Bayi Perempuan Dibuang di Teras Rumah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Bayi dibuang kembali terjadi di Temon Kulonprogo

Harianjogja.com, KULONPROGO – Bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan di serambi rumah salah satu warga Desa Kedundang, Kecamatan Temon. Diduga bayi tersebut dibuang orang tuanya.

Advertisement

Bayi malang itu ditemukan Edi Wursito, pemilik rumah pukul 21.30 WIB, Selasa (23/12/2014). Menurut Edi, malam itu dirinya sedang menonton televisi di ruang keluarga. Tiba-tiba dirinya mendengar suara tangisan bayi dari luar rumahnya.

“Saat saya cek, ternyata benar ada bayi yang diletakkan di kursi teras rumah,” ujar Edi kepada wartawan, Rabu (24/12/2014).

Usai ditemukan, bayi tersebut langsung dibawa ke RSUD Wates oleh petugas Polsek Temon. Menurut Kepala NICU Perinatologi RSUD Wates Yuni Feriyanto, saat dibawa ke rumah sakit, bayi dalam kondisi sehat. Bayi perempuan itu memiliki bobot 3,3 kilogram dan panjang 48 sentimeter.

Advertisement

“Dari pemeriksaan yang kami lakukan, bayi ini baru lahir sekitar satu sampai dua hari. Tampak dari tali tali pusar bayi yang masih dalam kondisi basah,” ujar Yuni.

Yuni mengatakan, tali pusar bayi juga sepertinya dipotong oleh tenaga medis. Saat diperiksa dokter spesialis anak, kondisi bayi juga menguning. Dia mengungkapkan, kemungkinan bayi tersebut tidak mendapat asupan ASI dari ibunya.

“Kami akan melakukan pemeriksaan darah. Selanjutnya akan kami serahkan pada Dinas Sosial Kulonprogo,” imbuh Yuni.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif