Sport
Selasa, 23 Desember 2014 - 06:45 WIB

PIALA SUPER ITALIA 2014 : Taklukkan Juve Lewat Adu Penalti, Napoli Raih Juara

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Napoli merayakan kemenangan seusai meraih trofi juara Italia Super. JIBI/Rtr/Fadi Al-Assaad

Piala Super Italia 2014 menahbiskan Napoli sebagai sang juara setelah menaklukkan Juventus.

Solopos.com, DOHA — Napoli keluar sebagai juara Piala Super Italia 2014. Napoli meraih titel juara lewat kemenangan atas Juventus dalam adu penalti setelah laga berakhir imbang 2-2.

Advertisement

Dalam pertandingan di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Qatar, Senin (22/12/2014), Juve unggul cepat lewat gol Carlos Tevez di awal babak pertama. Tapi gol Gonzalo Higuain di babak kedua memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di masa perpanjangan waktu, Juve unggul lebih dulu setelah Tevez kembali membobol gawang Napoli di menit ke-106. Namun kemenangan Juve yang sudah di depan mata buyar dua menit jelang laga usai. Higuain menyelamatkan Napoli sekaligus membuat laga berlanjut ke adu penalti.

Advertisement

Di masa perpanjangan waktu, Juve unggul lebih dulu setelah Tevez kembali membobol gawang Napoli di menit ke-106. Namun kemenangan Juve yang sudah di depan mata buyar dua menit jelang laga usai. Higuain menyelamatkan Napoli sekaligus membuat laga berlanjut ke adu penalti.

Di babak adu penalti yang berlangsung hingga sembilan tendangan, enam eksekutor Napoli sukses menjalankan tugasnya. Napoli akhirnya menang 6-5 setelah Rafael menggagalkan tendangan Simone Padoin.

Seperti dilansir detiksport, Juventus sudah unggul saat pertandingan baru berjalan lima menit. Memanfaatkan kesalahan koordinasi antara Kalidou Koulibaly dan Raul Albiol, Carlos Tevez mampu mencuri bola dan lepas dari kawalan. Dia lantas menuntaskannya dengan sebuah tembakan kaki kanan untuk menjebol gawang Napoli.

Advertisement

Memasuki babak kedua, Napoli yang tertinggal mencoba mengambil inisiatif menyerang. Jose Callejon melepaskan tembakan dengan kaki kanan ke arah tiang jauh. Tapi bola masih melebar tipis dari sasaran.

Tekanan yang dilancarkan Napoli akhirnya membuahkan hasil di menit ke-68. Jonathan de Guzman yang bergerak dari sisi kiri lantas melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Higuain yang lepas dari kawalan tanpa kesulitan menyundul bola dari jarak dekat untuk mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Di babak pertama tambahan waktu, Juve langsung mengambil inisiatif menyerang. Tapi beberapa upaya mereka patah di tangan Rafael.

Advertisement

Di awal babak kedua masa perpanjangan waktu, Juve kembali unggul. Untuk kedua kalinya, Tevez membobol gawang Napoli saat waktu memasuki menit ke-106. Menerima bola dari Paul Pogba, Tevez yang ada di dalam kotak penalti lantas mencari ruang sebelum melepaskan tembakan yang mengarah ke pojok kanan gawang Napoli.

Dua menit jelang masa perpanjangan waktu habis, Napoli berhasil menyamakan kedudukan. Sebuah umpan dari sisi kanan jatuh di depan gawang Juve. Meski dalam kawalan Padoin dan Chiellini, Higuain tetap mampu menceploskan bola ke dalam gawang dari jarak dekat. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Adu penalti berlangsung hingga sembilan kali tembakan. Enam penendang Napoli sukses menjalankan tugasnya. Kemenangan Napoli ditentukan oleh Rafael yang menepis tendangan terakhir Simone Padoin. (JIBI/SOLOPOS)

Advertisement

• Napoli
Jorginho: gagal
Ghoulam: gol
Albiol: gol
Inler: gol
Higuain: gol
Gargano: gol
Mertens: gagal
Callejon: gagal
Koulibaly: gol

• Juventus
Tevez: gagal
Vidal: gol
Pogba: gol
Marchisio: gol
Morata: gol
Bonucci: gol
Chiellini: gagal
Pereyra: gagal
Padoin: gagal

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Lichtsteiner (Padoin 79), Bonucci, Chiellini, Evra; Pirlo (Pereyra 66), Marchisio, Pogba; Vidal; Tevez, Llorente (Morata 106)

Napoli: Rafael; Maggio, Albiol, Koulibaly, Ghoulam; Gargano, David Lopez (Inler 91); De Guzman (Jorginho 106), Hamsik (Mertens 79), Callejon; Higuain

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif