Soloraya
Senin, 22 Desember 2014 - 20:30 WIB

PERETASAN SITUS : Wah, Laman PPID Setda Pemkot Solo Diretas...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan normaln laman ppid Pemkot Solo

Solopos.com, SOLO — Laman Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Solo yang beralamat di ppid.surakarta.go.id diretas. Saat dibuka, laman tersebut malah menampilkan gambar tangan memegang kartu dengan latar warna hitam dan kilatan petir. Lagu berbahasa Tiongkok terdengar saat Solopos.com membuka laman tersebut.

Pantauan Solopos.com di laman ppid.surakarta.go.id, Senin (22/12/2014) petang, peretasan laman masih terjadi. Dalam tampilan laman, peretas mengatasanamakan Surabagetar. Peretas tersebut meminta administrator laman segera membenahi kerusakan laman dengan menuliskan “To ADMIN: Kindly Fix The Bug Immediately. Dalam laman juga tertulis Thanks to: Joy Crazydanvinci, Haxor Xor, Okacybernet, Asu Abang, All Indonesia Hacker.

Advertisement

Kabag Humas Setda Pemkot Solo Heri Purwoko mengaku belum mengetahui persis adanya peretasan tersebut. Namun, pihaknya memastikan tampilan laman akan kembali seperti semula dalam waktu dekat. “Segera kami perbaiki. Apalagi ini berkaitan dengan pelayanan informasi publik,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com.

Anggota staf Humas dan Protokol Setda, Budiman, mengatakan perbaikan laman sedang dalam proses. Menurutnya kejadian tersebut hanya ulah iseng para hacker (peretas). Sebelum kejadian ini, laman PPID juga sempat dibobol. “Jadi sudah dua kali ini. Dulu hanya diacak tampilan menu, sekarang tampilannya ikut hilang,” kata Budiman.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif