News
Senin, 22 Desember 2014 - 14:15 WIB

KISAH INSPIRATIF : Bocah Ajaib, 11 Tahun Sudah Ikut Ujian Akhir SMA

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jonah Soewandito (smh.edwinapickles)

Solopos.com, SYDNEY – Bocah bernama Jonah Soewandito jadi sorotan media-media Australia. Di usianya yang masih 11 tahun, Jonah sudah mengikuti ujian lulus sekolah menengah (HSC) yang biasa diikuti pelajar berusia 17-18 tahun.

Sydney Morning Herald (SMH) memantau kecemerlangan Jonah beberapa bulan terakhir. Pada 12 Oktober 2014,  SMH khusus mengulas Jonah dalam artikel berjudul Jonah Soewandito is only 11 but the Scots College pupil is sitting the HSC.

Advertisement

Sebagai bocah berusia 11 tahun, Jonah dianggap cemerlang lantaran sudah duduk di tingkat akhir di SMA. Kini dia berkesempatan untuk lulus sekolah dengan mengikuti ujian akhir SMA.

SMH kembali memberitakan perkembangan Jonah, Minggu (21/12/2014). SMH menyebut, seharusnya Jonah masih duduk di sekolah dasar. Namun kecerdasan pelajar dari Scots College di Kota Sydney, Australia ini di atas rata-rata, terutama pada pelajaran Matematika dan Kimia.

Dia mencetak angka 90, tertinggi di sekolahnya. Sejak usia empat tahun dia sudah menunjukkan kecerdasannya dan meloncati beberapa kelas sekaligus. Kepala sekolah Scots College Ian Lambert mengatakan mereka sangat bangga pada Jonah lantaran membuat bangga seluruh pendidiknya.

Advertisement

Tahun depan dia akan kembali menempuh ujian akhir sekolah termasuk menjalankan 3-4 unit tes matematika, fisika, dan bahasa Inggris.

“Kami akan membantunya melewati ujian ini. Namun saat ini dia butuh liburan sebab sudah berpikir keras,” ujar Lambert.

Setelah lulus Jonah ingin bekerja sebagai peneliti kesehatan. Namun dia harus menunggu beberapa tahun untuk memulai kuliah sebab masih sangat muda.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif