Jogja
Senin, 22 Desember 2014 - 08:40 WIB

JELANG NATAL DAN TAHUN BARU : GL Zoo Punya Tarif Khusus, Tampin Adakan Beragam Kegiatan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gembiraloka Zoo (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA-Jelang Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, Gembira Loka (GL Zoo) menerapkan tarif khusus dan Taman Pintar (Tampin) mengadakan beragam kegiatan.

Diungkapkan Manajer Pemasaran GL Zoo, Josef Kurniawan bahwa, pada liburan Natal mendekorasi GL Zoo dengan pernak-pernik yang bertema Natal. Selain itu, mulai 20 Desember 2014 hingga 4 Januari 2015, harga tiket per hari menjadi Rp25.000, hari berikutnya normal kembali.

Advertisement

“Untuk rombongan, dengan jumlah minimal 25 orang, bisa mendapatkan diskon 10%,” ujar Josep, Sabtu (20/12/2014).

Pada masa libur nasional, jumlah pengunjung bisa mengalami kenaikan cukup banyak, dibanding pada sesi akhir pekan. Seperti Sabtu-Minggu, pengunjung mencapai 10.000 orang, pada libur nasional, bisa mencapai 15.000 orang. Josep juga optimis, dengan penghitungan kalender libur akhir 2014, termasuk masa cuti masyarakat, akan memberikan efek maksimal dalam hal peningkatan pengunjung. Hal ini dikatakan mengingat pada Desember 2013 saja, pengunjung GL Zoo mencapai 17.000 orang.

Realisasi pengunjung hingga 30 November 2014 sudah mencapai 1,6 Juta pengunjung. Jumlah ini telah melampaui pencapaian realisasi 2013 sejumlah 1,5 Juta.

Advertisement

“Kami tidak ditarget secara eksplisit pencapaian secara kuantitatif, namun kami berupaya agar tahun ke tahun, ada peningkatan realisasi pengunjung,” imbuhnya.

Realisasi yang tinggi dikatakan Josep berkat adanya pinguin sebagai koleksi yang memberikan daya tarik baru, serta tren masyarakat menjadikan GL Zoo sebagai lokasi berkumpul atau gathering. Satu grup sebuah perusahaan, sebutnya, bisa membawa 1.000 hingga 3.000 orang.

Terpisah, Yunianto Dwi Sutono, Kepala Kantor Tampin mengatakan masa libur akhir tahun ditetapkan sejak 1 hingga 31 Desember 2014. Target kunjungan Tampin selama libur akhir tahun sebanyak 100.000 pengunjung, pihaknya optimis target ini akan terlampaui, mengingat hingga 18 Desember 2014, pengunjung sudah terealisasi sebanyak 920 orang pengunjung. Bahkan, Yunianto juga mengatakan, target rencana kerja Tampin meraih sejuta pengunjung selama setahun. Menghadapi masa liburan ‘peak season’, Tampin melakukan persiapan eksternal dan internal, agar keamanan dan kenyamanan pengunjung terjaga.

Advertisement

“Kami sudah berkoordinasi dengan paguyuban parkir, agar bus yang datang jangan sampai tidak bisa parkir di Taman Parkir Senopati,” ucap Yunianto.

Selain itu secara internal, Tampin akan memaksimalkan tenaga yang ada, baik pemandu yang berjumlah 80 orang, hingga jadwal shift tenaga pengamanan yang tadinya hanya dua shift menjadi tiga shift.

Sebagai pengingat agenda peringatan ulang tahun ke-6 tahun Tampin yang konsisten dengan tagline ‘Sains Untuk Semua’, lanjutnya, untuk pengunjung yang belum mengunjungi booth Community Science Outreach di Jogja City Mall, masih dapat mengunjunginya hingga hari ini (21/12/2014). Sedangkan, kegiatan awal pengisi liburan, yakni Donor Darah juga digelar pada hari ini di Taman Pintar. Pada Selasa, 23 Desember 2014, ada Gelar Seni dan Kreativitas Anak Usia Dini.

Sejauh ini, dengan pengunjung yang terbagi atas pengunjung keluarga dan rombongan, wahana yang diminati juga berbeda dari kedua jenis pengunjung ini. Untuk pengunjung keluarga, lebih memilih wahana hiburan, sementara rombongan yang didominasi anak sekolah usia Sekolah Menengah Pertama, lebih tertarik menikmati wahana sains. Pada 2015, Tampin akan menambah sejumlah zona baru, salah satunya Zona Berani Beraksi, yang merupakan hasil kerjasama Tampin dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif