Soloraya
Senin, 22 Desember 2014 - 18:15 WIB

BENCANA KARANGANYAR : Puluhan Ribu Jiwa di 8 Kecamatan Dibayangi Longsor

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Solopos.com, KARANGANYAR – Puluhan ribu jiwa yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Karanganyar terancam bahaya tanah longsor.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru, mengatakan beberapa hari ini terus terjadi longsor di sejumlah titik di lereng Gung Lawu.

Advertisement

Titik-titik tersebut di antaranya merupakan wilayah permukiman yang dihuni oleh puluhan ribu jiwa.

“Intensitas hujan mulai tinggi saat ini,” kata dia saat ditemui wartawan di kantor BPBD Karanganyar, Senin (22/12/2014).

Menurutnya, titik-titik rawan bencana tanah longsor tersebut tersebar di 40 desa di Kecamatan Jumapolo, Jatiyoso, Kerjo, Jenawi, Ngargoyoso, Tawangmangu, Karangpandan, dan Matesih.

Advertisement

Aji Pratama Heru mengatakan BPBD terus melakukan pantauan terhadap daerah-daerah rawan tersebut. Dia juga mengimbau masyarakat setempat untuk waspada dengan kondisi alam di lingkungan tempat tinggalnya.

“Kami telah siapkan jadwal piket selama 24 jam. Masyarakat di Karanganyar dapat memberikan laporan kepada BPBD jika terjadi bencana alam di daerahnya melalui nomor online 0271495997,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif