News
Senin, 22 Desember 2014 - 11:15 WIB

ALUTSISTA TNI : Perawatan & Perbaikan Alutsista Jadi Fokus Penyusunan Renstra TNI

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tank Leopard dan Marder di Tanjung Priok, Selasa (2/9/2014). (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Pembangunan dan penguatan prajurit TNI serta perbaikan dan perawatan alat utama sistem pertahanan (alutsista) akan menjadi fokus penyusunan rencana strategis TNI hingga 2024.

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengatakan rencana strategis (renstra) tersebut akan dibahas dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2015 yang dilaksanakan di Mabes TNI, Cilangkap, JakartaTimur, mulai hari ini hingga Selasa (23/12/2014).

Advertisement

“Ini merupakan pembinaan terhadap organisasi. Kami memikirkan bagaimana pembinaan dan penggunaan TNI ke depan,” ujarnya, Senin (22/12/2014).

Dia menjelaskan saat ini terdapat berbagai hal yang perlu diperbaiki dalam tubuh TNI. Kesejahteraan prajurit hingga soal anggaran perawatan Alutsista.

Menurutnya hingga saat ini sistem remunerasi bagi TNI belum juga rampung. Soal gaji, tempat tinggal, dan kesehatan menjadi titik berat pembangunan dan penguatan prajurit.

Advertisement

Sementara itu, kata Moeldoko, TNI juga menyadari pentingnya perawatan dan perbaikan bagi Alutsista, sehingga perlu disusun anggaran khusus.

“Jangan sampai alutsista canggih yang dibeli dengan harga mahal justru tidak terpakai karena masalah ketersediaan dana. Dalam kurun waktu tertentu akan ada perbaikan. Kalau tidak disusun akan bahaya ketika menghadapi perbaikan karena belum siapin dana,” papar Moeldoko.

Selain itu, Rapim TNI tersebut juga akan membahas isu-isu strategis baik di kawasan ASEAN maupun Asia Pasifik dengan meningkatkan kekuatan TNI melalui kerja sama dengan tentara lainnya di negara-negara kawasan tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif