Soloraya
Minggu, 21 Desember 2014 - 21:29 WIB

PENATAAN KOTA SOLO : Ini Lokasi Parkir Sepeda Gratis di Kota Bengawan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PKL Tak Tampak di Arena CFD Kota Solo selama Ramadan 2014

Solopos.com, SOLO—Penataan Kota Solo terus berlanjut. Setelah taman gantung di kawasan Lojiwetan, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan area parkir sepeda gratis di sejumlah titik di Kota Bengawan. Tahap awal, lokasi parkir sepeda gratis disediakan di city walk Jalan Slamet Riyadi tepatnya di depan Loji Gandrung, Balai kota dan DPRD.

Kasubag Tata Usaha (TU) UPTD Perparkiran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Henry Satya Nagara, ketika dijumpai wartawan, Minggu (21/12/2014), mengatakan memasang tempat parkir sepeda yang merupakan pengadaan pada APBD Perubahan (APBD-P) 2014. Pemkot mengalokasikan anggaran senilai Rp10 juta untuk pengadaan 10 tempat parkir.

Advertisement

“Kami sediakan parkir sepeda gratis. Ini sekaligus kampanye penggunaan alat transportasi ramah lingkungan,” terangnya.

Henry mengatakan tempat parkir sepeda gratis ini mulai dipasang di sejumlah lokasi sejak Sabtu (20/12). Masing-masing lokasi, Henry mengatakan memasang satu hingga dua rak sepeda.

Henry menyebutkan satu tempat parkir sepeda mampu memuat enam unit sepeda. “Pemasangan akan kami lanjutkan di Ngarsapura, Plasa Sriwedari, selter Batik Solo Trans (BST) Purwosari dan halaman kantor Dishubkominfo,” imbuhnya.

Advertisement

Henry mengatakan pemasangan tempat parkir sepeda gratis ini berdasarkan hasil survei internal.
Selain itu lokasi yang dinilai menjadi kawasan publik.

Henry mengatakan pengguna sepeda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut tanpa dikenai biaya apapun. Parkir kendaraan, lanjutnya, gratis namun tetap parkir sepeda harus mendapat pengawasan masing-masing pemilik.

“Kami akan melengkapi tempat parkir sepeda dengan pengaman. Kami juga akan pasang informasi bagaimana penggunaan alat parkir tersebut,” katanya.

Advertisement

Henry menuturkan keberadaan tempat parkir sepeda ini akan dievaluasi. Jika respon masyarakat terhadap penyediaan fasilitas tempat parkir sepeda gratis ini baik, maka tidak menutup kemungkinan akan ditambah pada tahun depan.

“Kami akan upayakan untuk tambah tempat parkir di 2015. Tapi kami lihat dulu bagaimana respon masyarakat. Tempat ini bagus untuk memberikan wadah bagi pengguna sepeda,” tuturnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif