Jogja
Minggu, 21 Desember 2014 - 00:15 WIB

MITIGASI BENCANA : 40 Pendeteksi Longsor Dipasang

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA – Sebanyak 40 alat sistem peringatan dini bencana akan ditempatkan di sejumlah titik yang berpotensi mengalami pergerakan tanah dan berakibat tanah longsor.

Penempatan alat tersebut merupakan salah satu dari lima langkah yang diputuskan dalam rapat bersama tim penanggulangan bencana di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Kamis (18/12/2014) malam.

Advertisement

Kepala BPBD DIY Gatot Saptadi mengatakan sebanyak 20 alat sistem peringatan dini (early warning system) berupa extensometer akan ditempatkan di tiga provinsi dengan potensi longsor terbesar pada Desember 2014.

Extensometer, ujarnya, akan memberikan peringatan dini melalui media suara apabila mulai terjadi pergerakan tanah yang berpotensi bencana. Dengan menempatkan extensometer di sejumlah titik rawan bencana, pihaknya berharap dapat meminimalisasi potensi korban jatuh akibat bencana tanah longsor.

“Sebanyak 20 alat akan dipasangkan pada Desember ini. Sebanyak 10 alat di Jawa Barat, itu yang dari Badan Geologi, dan 10 alat lagi di Jateng, itu yang dari UGM,” ujarnya seusai menggelar rapat koordinasi bersama tentang sistem peringatan dini bencana.

Advertisement

Kemudian, sebanyak 20 alat lainnya akan mulai dipasang pada Januari 2015. Hanya, pihaknya masih belum menentukan tempat yang dinilai pas untuk memasang extensometer tersebut.

“Belum ditentukan [tempat pemasangan 20 extensometer pada Januari 2015]. Yang jelas akan dipasang di daerah-daerah yang dianggap berpotensi bencana,” ujarnya.

Pada Kamis malam, tim penanggulangan yang terdiri dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BPBD, BPPT, Badan Geologi, serta akademisi dari Universitas Gajah Mada (UGM), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lapan, serta komunitas ilmu pengetahuan dan teknologi bencana menggelar rapat koordinasi bersama terkait penanggulangan bencana.

Advertisement

Rapat koordinasi tersebut merupakan tindak lanjut rapat Kabinet Kerja tentang bencana longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara untuk melakukan langkah konkret penanggulangan bencana.

Ada lima langkah yang disepakati oleh rapat, yaitu survei rawan longsor, sosialisasi, pembentukan perangkat kerja tim siaga bencana di tingkat desa, pemasangan alat sistem peringatan dini bencana, serta latihan penyelamatan dengan menggunakan alat peringatan dini.

“Memang penting memasang alat peringatan dini. Tetapi setelah itu lebih penting lagi masyarakat belajar bagaimana menggunakan alat tersebut,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif