Jogja
Minggu, 21 Desember 2014 - 14:15 WIB

Betor di Jogja akan Terus Ditertibkan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

 

 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja akan terus melakukan penertiban becak bermotor (betor), selama payung hukum dan aturan yang jelas mengatur kendaraan tersebut belum ada.

 

Advertisement

 

Golkari Made Yulianto, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Kota Jogja mengatakan, hingga kini sebagai alat angkutan, betor belum memiliki kelaikan dalam hal keselamatan dan keamanan penumpang. Padahal selaku alat angkutan, tentu keselamatan dan keamanan penumpang menjadi komponen utama yang perlu diperhatikan.

 

Advertisement

“Selama payung hukum yang mengatur betor belum ada, kami rasa penertiban masih akan menjadi salah satu langkah yang kami tempuh,” terang Golkari, Sabtu (20/12/2014).

 

Sejauh ini, permasalahan yang dihadapi dalam menangani betor bukan hanya persoalan regulasi, melainkan sosial. Sehingga perlu diyakini bersama bahwa prinsip yang digunakan adalah jangan sampai materi sosial bertabrakan dengan regulasi baku.

Advertisement

 

Salah seorang warga Giwangan, Mira Astuti mengaku ada sejumlah item yang perlu dikaji lagi terkait betor. Ia mengatakan bahwa polusi yang dihasilkan oleh kendaraan betor tidak main-main, baik berupa asap kendaraan yang terkadang sampai mengepul tebal, serta polusi udara dari bisingnya suara mesin betor.

 

Advertisement

Kalaupun Kota Jogja pada akhirnya akan melegalkan keberadaan betor, maka perlu adanya betor yang diproduksi dengan mesin ramah lingkungan.

 

Mira juga menyayangkan sejumlah pengendara betor yang sering terlihat ngebut dan ugal-ugalan. Ia sendiri sebagai pengguna jalan terkadang merasa takut dan khawatir dengan keselamatan penumpang, bila ia kebetulan melihat penumpang diangkut dengan betor.

 

“Perlu juga dikaji, apakah betor boleh melewati atau melaju di jalan layang [fly over],” tuturnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif