Otomotif
Sabtu, 20 Desember 2014 - 02:30 WIB

MOTOR TERBARU : Suzuki Solo Andalkan Ketangguhan Address

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Model berdiri di samping motor Suzuki Address di Diler Indosolo Motor Gemilang, Solo, Jumat (19/12/2014). (Mahardini Nur Afifah/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Ramalan sejumlah spekulan yang menyebutkan 2014 sebagai tahun yang berat bagi pengusaha otomotif terbukti benar. Realisasi penjualan otomotif, terutama sepeda motor, mencapai hasil yang kurang menggembirakan. Beruntung Suzuki punya Address, motor terbaru yang mulai mengaspal di jalanan Indonesia pertengahan November 2014 lalu.

Motor terbaru Suzuki Address itu, diakui Darmawan Setyo, Area Sales Manager PT Indosolo Motor Gemilang, sebagai penyelamat di pengujung tahun. Skuter matik (skutik) buatan Indonesia yang dipasarkan ke 25 negara di Eropa, Asia, dan Australia itu berkontribusi mendongkrak 10% penjualan motor Suzuki di Solo.

Advertisement

“Address yang baru diluncurkan pertengahan November [2014] lalu punya kontribusi. Skutik ini mendongkrak penjualan kami sampai 18%,” kata Darmawan Setyo penuh pujian terhadap motor terbaru Suzuji itu saat ditemui Solopos.com di diler Indosolo Jajar, Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/12/2014).

Darmawan menjelaskan penjualan sepeda motor Suzuki di dilernya pada 2013 lalu mencapai 5.500 unit. Sedangkan realisasi penjualannya hingga November 2013 lalu mencapai 4.000 unit. “Penurunannya sekitar 18% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Penjualan motor baru ini sebulan mencapai 24 unit. Kami berharap Address bisa menjadi penopang baru bagi Suzuki,” ujarnya.

Genjot Comot
Gelagat optimisme pertumbuhan pasar otomotif akhir tahun, menurut Darmawan, mulai terasa sejak awal Desember lalu yang grafiknya terus merangkak naik. Momentum tersebut selanjutnya ia manfaatkan untuk menggenjot penjualan lewat berbagai program mulai dari Comot (coba motor) di diler, undian berhadiah Address, hingga memangkas biaya uang muka cicilan kepemilikan motor.

Advertisement

“Untuk Suzuki Nex Fi yang dibanderol Rp13,9 juta, uang mukanya cukup Rp500.000. Sedangkan Suzuki Address yang dihargai Rp14,5 juta, uang muka kami patok Rp1,25 juta. Dengan selisih Rp100.000, pelanggan bisa membawa pulang edisi khusus Address GP yang baru datang hari ini [Jumat],” jelasnya.

Darmawan tidak menampik hingga saat ini seri motor Satria masih menjadi tulang punggung penjualan Suzuki dengan kontribusi mencapai 45%. “Top sales masih dipegang Satria dengan penjualan 250 unit/bulan. Setelah itu disusul Nex yang kontribusinya mencapai 38%,” ungkapnya.

Menurut Darmawan, ia memprediksi pasar skutik dan Satria masih menggeliat 2015. “Semenjak kenaikan BBM dan fluktuasi dolar belakangan, harga motor Suzuki belum naik. Saya melihat ke depan masa depan Satria, skutik Address dan Nex, masih cerah,” tutupnya.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif