Soloraya
Jumat, 19 Desember 2014 - 20:07 WIB

Taman Gantung Solo Ini Jadi Lokasi Favorit Selfie, Penasaran?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seoerang warga melintas di area Taman Gantung bekas SPBU Jl. Mayor Kusmanto, Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/12/2014). Pemkot Solo membangunan kawasan tersebut menjadi area parkir publik dan juga taman gantung. (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Taman Gantung di Kota Solo belakangan kian jadi favorit. Anda suka foto selfie? Ada lokasi baru buat berfoto-foto selfie.

Lokasi taman gantung ini ada di Jl Mayor Kusmanto, Sudiroprajan, Jebres Solo. Tepatnya di lahan bekas SPBU Loji Wetan. Lokasi taman gantung ini juga berada satu kawasan dengan Benteng Vastenburg.

Advertisement

Belasan orang pekerja proyek, Jumat (19/12/2014) pagi itu sibuk dengan pekerjaan merampungkan koridor kawasan Benteng Vastenburg,. Yah, mereka sedang mengerjakan proyek penataan koridor di kawasan Benteng Vastenburg dan Pembangunan Kantong Parkir.

Di sisi kiri kantong parkir itu ada lima orang pekerja membenarkan tiga pohon di pinggir koridor yang roboh akibat diterjang angin pada Kamis (18/12) sore.

Di ujung kantong parkir itu terdapat ratusan pot bunga ukuran kecil berbahan plastik yang ditumpuk dan ditempelkan di tembok. Pot-pot bunga dan tanaman yang terpasang menempel ditembok itulah yang disebut sebagai taman gantung.

Advertisement

Sementara itu, di sisi kanan bangunan ada tujuh orang pekerja yang memasang lampu. Total ada lima lampu dan tiga tempat duduk yang disediakan di kantong parkir itu.
Selain itu, di lokasi itu juga dilengkapi jembatan penyeberangan sepanjang 12 meter yang menghubungkan antara kantong parkir dan Kampung Ketandan, Kelurahan Sudiroprajan, Jebres. Namun, sayang jembatan itu baru kerangkanya saja yang dipasang sehingga belum bisa dimanfaatkan.

Di bawah jembatan itu terdapat Sungai Pepe yang rencananya tahun depan akan dijadikan wisata air oleh pemerintah kota (Pemkot) Solo.

Semakin siang, lokasi itu tak hanya ramai oleh pekerja namun juga remaja, anak muda Solo. Salah satunya, Rosidah, 22, mahasiswi perguruan tinggi negei di Solo itu bersama dua temannya menghabiskan waktu di lokasi sekitar taman gantung itu.

Advertisement

Rosidah, mengeluarkan ponsel dan berselfie ria.  “Saya sudah tiga kali di sini [taman dan kantong parkir] kawasan Benteng Vastenburg pada malam hari. Namun, ternyata pemandangannya lebih asik pada pagi hari” ujar Rosidah mahasiswi asal Pekalongan ketika ditemui Solopos.com di taman, Jumat.

Dia mengaku senang dengan adanya penambahan ruang terbuka hijau (RTH) di tengah kota. Kalau fasilitasnya seperti ini diperbanyak, kata dia, tempat untuk nongkrong di Solo jadi lebih banyak pilihan.

“Jika nanti Benteng Vastenburg sudah dibuka untuk umum sudah pasti akan bersinergi dengan kawasan di bekas eks SPBU ini. Kawasan Benteng akan jadi lebih ramai,” kata dia.

Kepala DTRK Solo, Endah Sita Resmi, mengatakan penataan kawasan eks SPBU Loji Wetan meliputi pembuatan taman, koridor di kawasan Benteng Vastenburg dan Pembangunan Kantong Parkir. Pelaksana pembangunan dari CV Erna Solo.
“Besaran aggaran pembangunan tersebut senilai Rp1,104 miliar dari APBD 2014,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif