Soloraya
Jumat, 19 Desember 2014 - 19:15 WIB

BENCANA KARANGANYAR : Dam Tawangrejo Jebol, Pengairan 82 Ha Lahan Tersendat

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Camat Kerjo, Agus Hartanto, menunjuk dam di Tawangrejo, Tawangsari, Kerjo, Karanganyar, yang jebol karena tidak kuat menahan arus air sungai, Jumat (19/12/2014). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Solopos, KARANGANYAR – Dam sepanjang 15 meter yang berada di Tawangrejo, Tawangsari, Kerjo, Karanganyar, jebol, Kamis (18/12/2014) sore.

Hal tersebut berdampak pada tersendatnya proses pengairan terharap 82 hektare sawah di wilayah tersebut.

Advertisement

Camat Kerjo, Agus Hartanto, mengatakan telah melaporkan peristiwa tersebut kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar.

“Akan sangat disayangkan. Sebab ini sudah mulai tanam, tentunya butuh pengairan. Karena dam jebol, maka jalur pengairannya terputus,” kata dia saat ditemui wartawan di lokasi dam, Tawangrejo, Tawangsari, Kerjo, Jumat (19/12/2014).

Dia khawatir musibah tersebut akan berdampak pada hasil panen pertanian di Tawangsari, jika dam tidak segera diperbaiki.
Menurut Agus, total kerugian yang ditimbulkan dari jebolnya dam tersebut sekitar Rp60 juta.

Advertisement

Sementara itu Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru, mengatakan peristiwa jebolnya dam di Tawangsari adalah salah satu dari sekian bencana yang terjadi pada Kamis lalu.

Sebab pada hari yang sama juga terjadi angin puting beliung di lima kecamatan di Kabupaten Karanganyar.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif