Jogja
Kamis, 18 Desember 2014 - 10:09 WIB

Kelompok Tani di Kulonprogo Dapat 56 Traktor

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Trianto Hery Suryono/JIBI/SOLOPOS)

Harianjogja.com, KULONPROGO–Kelompok-kelompok tani di  Kulonprogo mendapatkan bantuan traktor dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sebanyak 56 unit traktor yang dibagikan diharapkan dapat mendorong kelompok tani untuk dapat meningkatkan produksi pertanian dengan percepatan pengolahan lahan.

Advertisement

Penyerahan bantuan traktor dilakukan oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Kehutanan (Disperhut) Kulonprogo Aris Nugroho, Rabu (17/12/2014).

Bantuan tersebut berasal dari anggaran dana kontigensi 2014 dan disalurkan melalui pengadaan traktor untuk memenuhi kebutuhan sarana pertanian.

“Bantuan itu kami langsung berikan ke kelompok-kelompok tani yang telah kami identifikasi dan verifikasi, di mana setiap kelompoknya mendapatkan satu unit traktor,” ujar Kabid Tanaman Pangan Disperhut Kulonprogo Tri Hidayatun kepada Harian Jogja di sela-sela acara pembagian traktor.

Advertisement

Kasie Kacang-kacangan dan Umbi-umbian Bidang Tanaman Pangan Disperhut Kulonprogo selaku pelaksana pembagian sarana pertanian, Jayeng Purwadi menambahkan, pembagian traktor dilakukan secara bertahap sampai Kamis (18/12/2014).

Sekretaris P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) Sukabangun, Desa Ngentakrejo, Lendah Yukangsi  mengaku senang dengan bantuan traktor tersebut.

“Dulu pernah dapat bantuan traktor, tapi sudah lama sekali sekitar tahun 1980 an. Apalagi di P3A kami ada delapan kelompok tani. Solusinya, kami harus menyewa tenaga buruh atau menyewa traktor untuk menggarap lahan,” ungkap Yukangsi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif