Jateng
Kamis, 18 Desember 2014 - 08:50 WIB

JELANG NATAL DAN TAHUN BARU : PT KAI Tetapkan Masa Angkutan Natal 17 Hari

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembangunan taman rel kereta api, Jumat (7/11/2014). (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Pembangunan taman rel kereta api, Jumat (7/11/2014). (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menetapkan masa angkutan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 selama 17 hari, terhitung mulai 20 Desember 2014 hingga 5 Januari 2015.

Advertisement

“Sudah ada keputusan masa operasi angkutan Natal dan tahun baru, yakni dimulai 20 Desember 2014 sampai 5 Desember 2015,” kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro seperti dikutip Antara, Rabu (17/12/2014).

Hal itu diungkapkannya usai menerima rombongan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan beserta jajaran yang tiba di Stasiun Tawang Semarang, untuk meninjau kesiapan angkutan Natal dan tahun baru.

Menurut dia, puncak arus penumpang yang menggunakan layanan angkutan kereta api (KA) pada masa angkutan Natal dan tahun baru kali ini juga sudah diprediksi, yakni pada 28 Desember 2014.

Advertisement

“Dalam artian, puncak okupansi itu semua kursi terisi. Sebab, untuk KA jarak jauh sudah diterapkan sistem ‘one man, one seat’, yakni satu penumpang, satu tempat duduk,” katanya.

Edi menjelaskan berbagai persiapan dalam menghadapi angkutan Natal dan tahun baru sudah dilakukan PT KAI, terutama pemantauan kondisi lintasan di setiap wilayah daerah operasi (daops).

“Dari Jakarta, kami kemarin berhenti di setiap stasiun untuk mengecek kesiapan operasi setiap daops. Pengecekan itu dilakukan antara 13-15 Desember. Sampai ujung Jember, lalu ke Madiun,” katanya.

Advertisement

Pengecekan kondisi lintasan KA, kata dia, dilanjutkan pula ke lintas Jogja-Solo untuk memastikan kesiapan PT KAI dalam menghadapi masa angkutan Natal dan Lebaran kali ini.

“Dalam operasi angkutan Natal dan tahun baru yang diutamakan adalah keselamatan perjalanan KA. Antisipasi setiap daops paling penting dalam menjamin keselamatan perjalanan KA,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif