Sport
Kamis, 18 Desember 2014 - 22:09 WIB

ISL 2015 : Begini Sejarah Bali United Pusam

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA — Sempat lama tidak memiliki perwakilan klub sepak bola di level kompetisi nasional, masyarakat Bali kini bisa tersenyum lega. Hal itu dikarenakan klub sepak bola Putra Samarinda telah meresmikan mengganti nama dan basis mereka jadi di Bali.

Klub yang didirikan pada tahun 1989 tersebut mengganti nama menjadi Bali United dengan home base mereka di stadion Dipta di Gianyar, Bali. Hal tersebut membuat mereka menjadi satu-satunya klub asal Bali yang berlaga di ISL musim mendatang.

Advertisement

Pusam sebenarnya bukanlah klub sepak bola pertama di Pulau Dewata. Sepanjang sejarahnya, Bali sempat memiliki klub hebat di masa lalu. Berikut beberapa klub Bali yang pernah berkiprah di sepak bola nasional seperti Harianjogja.com sarikan dari beberapa sumber :
1. Gelora Dewata

Gelora Dewata didirikan oleh penguasaha HM Mislan pada tahun 1989 silam dan sempat menjadi idola warga bali pada medio tahun 1990 di pentas Liga Indonesia.

Namun dalam perkembangannya, 2001 klub ini pindah kandang ke Sidoarjo dan berganti nama menjadi Gelora Putra Delta, yang dalam perkembangannya menjadi Deltra Putra Sidoarjo atau lebih dikenal dengan nama Deltras.
2. Perseden Denpasar

Advertisement

Persatuan Sepakbola Indonesia Denpasar yang disebut Perseden Denpasar ini bermarkas di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Pada 2003 lalu, Perseden sempat mencicipi kompetisi di level Divisi Utama Liga Indonesia. Namun nasib mereka kurang begitu baik, karena setahun kemudian, Perseden terdegradasi ke Divisi Satu setelah gagal memenangkan babak play-off.

3. PS Gianyar

Advertisement

PS Gianyar merupakan nama baru dari Persegi Gianyar yang mengalami kesulitan keuangan pada 2005. Saat itu Persegi memutuskan bubar namun dibangun kembali oleh klub-klub lain di Bali dengan nama Bali FC.

Bali FC sendiri hanya bertahan hingga 2007. Kesulitan keuangan membuat PS Bali FC bubar dan PS Gianyar bangkit mengganti Bali FC pada 2011 lalu. Pada musim 2013 lalu, klub ini berhasil promosi ke divisi kedua Liga Indonesia.

4. Persires Cirebon FC

Pada ajang kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI), Bali sempat memiliki wakil yakni Persires Bali Devata FC. Sebuah klub gabungan antara Persires Rengat dengan Bali Devata. Namun dalam perkembangannya klub ini dijual dan berpindah home base di Cirebon dengan nama Persires Cirebon FC.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif