Soloraya
Kamis, 18 Desember 2014 - 03:30 WIB

HARI NATAL 2014 : BI Tambah 5% Uang Hadapi Libur Akhir Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah (JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Bank Indonesia (BI) Perwakilan Solo menambah stok uang untuk menghadapi libur panjang terkait Hari Natal 2014 dan Tahun Baru 2015. Penambahan tersebut dinilai tidak terlalu tinggi karena kebutuhan liburan akhir tahun tidak sebanyak Lebaran. Sejauh ini kenaikan permintaan uang baru 5%.

Kepala Perwakilan BI Solo, Ismet Inono, menyampaikan saat ini pihaknya telah bersiap menghadapi kenaikan kebutuhan uang pada libur akhir tahun. Menurut dia, saat ini kebanyakan perbankan sudah mengajukan penambahan uang untuk mengisi 1.149 anjungan tunai mandiri (ATM) di Soloraya dan melayani penukaran uang baru.

Advertisement

“Puncak permintaan kemungkinan pada pekan depan untuk persiapan libur Natal dan Tahun Baru. Tapi permintaan di Solo tidak terlalu dahsyat. Sampai saat ini, kenaikan baru 5%,” ungkap Ismet kepada Solopos.com, Rabu (17/12/2014).

Pemimpin Cabang BNI Arifin Solo, Syarif Sagap, menyampaikan penambahan uang di ATM saat libur akhir tahun diperkirakan sekitar 25% dari biasanya. Dia mengatakan penambahan tersebut sudah mulai dipersiapkan dari sekarang supaya tidak ada kekosongan ATM.

Oleh karena itulah, ATM yang biasanya restocking setiap dua hari sekali, bisa dilakukan setiap hari. Namun, dia menyampaikan untuk penukarang uang pecahan baru, penambahan biasanya dilakukan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Oleh karena itu, sebelumnya sudah ada pendataan kepada nasabah besar yang ingin menukarkan uang.

Advertisement

Hal ini karena cukup berisiko kalau memiliki uang dalam jumlah banyak di kantor. Meski begitu, diakuinya ada juga uang pecahan baru yang disiapkan tapi jumlahnya tidak terlalu tinggi karena uang yang ditukarkan secara langsung biasanya jumlahnya terbatas.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan membuka kantor dengan melakukan layanan terbatas saat libur panjang nanti, yakni Jumat (26/12/2014). Layanan terbatas tersebut dilayani pada pukul 08.00 WIB-16.00 WIB dan dipusatkan di BNI Arifin (depan Balaikota Solo) karena lokasinya strategis. Pada kesempatan tersebut, pihaknya hanya melayani transaksi tunai sehingga kliring dan transaksi luar negeri tidak dilayani.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif