Teknologi
Rabu, 17 Desember 2014 - 04:40 WIB

SMARTPHONE TERBARU : Intel Luncurkan Ponsel 4G Rp1 Jutaan

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Intel. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JAKARTA — Awal tahun 2015 sepertinya bakal banjir ponsel 4G murah di Indonesia. Pemain baru yang menegaskan keikutsertaannya adalah Intel, raksasa prosesor dunia.

Tentu saja keterlibatan Intel di sini bukan dalam bentuk menghadirkan ponsel, melainkan dari sisi ketersediaan prosesor mobile yang sudah mendukung jaringan 4G.

Advertisement

Country Manager Intel Indonesia Harry K. Nugraha mengungkapkan, ponsel 4G yang sudah dibenamkan prosesor mobile Intel Sofia bakal hadir awal tahun depan.

“Saya belum bisa menyebut merek ponselnya, tetapi harganya ketika sudah berbentuk ponsel bakal di bawah USD 100,” ujar Harry dalam temu media di Plasa Senayan, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Prosesor Intel Sofia ini diklaim sudah kompatibel dengan teknologi LTE generasi paling baru. Termasuk untuk urusan dukungan di berbagai pita frekuensi.

Advertisement

“Begitu juga untuk 4G FDD atau TDD. Jadi ini bisa buat Bolt atau operator lain yang sudah meluncurkan 4G LTE,” imbuhnya.

Sebelum Sofia, Intel sejatinya sudah memiliki lini prosesor yang sudah mendukung jaringan 4G dari lini keluarga Baytrail. Namun memang komponen ini tidak masuk Indonesia, lantaran saat itu Tanah Air belum siap menyambut 4G.

Namun tentu beda cerita kini. Operator seluler Indonesia sudah mengkomersialisasikan 4G LTE. Dimulai dari Telkomsel dan akan berlanjut ke XL Axiata serta Indosat.

Advertisement

Untuk tahap awal, layanan 4G ini digelar di spektrum 900 MHz dengan masing -masing mendapat alokasi frekuensi selebar 5 MHz. Baru setelah itu di awal tahun 2015, layanan 4G LTE bakal diperluas dengan izin untuk komersialisasi di spektrum 1.800 MHz.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif