Sport
Rabu, 17 Desember 2014 - 01:10 WIB

SEA GAMES 2015 : PB Perbasi Gelar Seleksi Timnas

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JAKARTA — PB Perbasi mulai melakukan seleksi pemain untuk SEA Games 2015. Seleksi yang digelar di Jakarta selama lima hari ini bertujuan mencari komposisi tim inti basket.

“Ini bukan seleksi pertama bagi saya karena sebelumnya saya juga sudah memantau mereka pada seri pertandingan di Jakarta dan Bandung. Untuk seleksi hari ini, saya lebih fokus ke kualitas permainan mereka, serta attitude mereka di lapangan,” ujar Victor Gedeon Roring, pelatih timnas basket Indonesia, ketika ditemui di Hall A Senayan, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Advertisement

Hari ini seleksi dilakukan dua kali. Sesi pagi pukul 08.00 – 11.00 WIB, sedangkan sesi kedua pada pukul 17.00 -19.00 WIB.

Pada sesi pagi, pemain yang ikut dalam seleksi berjumlah 18 orang. Jumlah ini lebih sedikit dari yang direncanakan yakni 24 pemain.

“Total pemain yang dipanggil ada 24, tetapi ada yang tidak bisa datang, satu karena cedera. Lainnya ada yang izin mengikuti kejuaraan PON ASEAN. Jadi total sesi pagi ini baru 18 orang yang ikut.”

Advertisement

Ito –panggilan akrab Victor– mengungkapkan, tujuan dari seleksi ini adalah untuk memantau pemain mana yang terbaik sekaligus memberikan poin-poin yang menjadi kriteria seorang pemain basket yang tepat untuk dibawa ke Singapura pada Agustus mendatang.

Hasil dari seleksi nanti masih akan dikerucutkan kembali dari 24 menjadi 18 pemain, dan jumlah terahir menjadi 12 orang. Rencananya Ito tidak hanya mengambil pemain-pemain dari NBL saja tapi juga mengambil tiga pemain dari luar NBL.

“Saya menonton dan mengamati pertandingan Kejurnas U-18, banyak sekali pemain bagus yang saya temui di Sana. Nah, ketiga orang inilah yang saya ambil sebagai hasil pengamatan saya,” ungkapnya.

Advertisement

“Target saya untuk seleksi ini sampai akhir Desember pemain menjadi 18 orang yang terpilih, dan sampai bulan-bulan mendekati SEA Games dikerucutkan menjadi 15 orang hingga terpilih 12 orang.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif