News
Rabu, 17 Desember 2014 - 14:15 WIB

KURS RUPIAH : Sektor Perdagangan Belum Terpengaruh Penguatan Dolar AS

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Perdagangan Rahmat Gobel (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, JAKARTA – Penguatan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) belum memengaruhi gejolak sektor perdagangan di Tanah Air.

Penguatan dolar AS, kata Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, justru menjadi tantangan untuk meningkatkan ekspor dari dalam negeri. (baca: Jokowi Minta Pengusaha Manfaatkan Fluktuasi Rupiah)

Advertisement

“Pada prinsipnya belum terlihat sekarang, justru kesempatan ini bagaimana memberdayakan ekspor dari dalam negeri,” ujar Rachmat seusai mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (17/12/2014).

Dalam rapat yang berlangsung dua jam tersebut juga dibahas tentang insentif kepada pelaku industri yang menggunakan bahan baku lokal. Misalnya insentif penjaminan ekspor dan asuransi ekspor yang diberikan oleh Kementerian Keuangan.

Dalam waktu dekat, Mendag akan menggelar pertemuan dengan pengusaha manufaktur membicarakan peluang ekspor di tengah pelemahan rupiah.

Advertisement

“Saya akan bertemu dengan pengusaha manufaktur untuk berbicara tentang peluang-peluang ekspor ke depan, peluangnya besar,” ujar Rachmat.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif