Soloraya
Rabu, 17 Desember 2014 - 04:45 WIB

HOTEL DI SOLO : Tata Manajemen, Lorin Dapat Sertifikat ISO

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lorin Solo Hotel (lorinhotel.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Lorin Hotel Solo menerima sertifikat ISO 9001:2008 mengenai management of hotel. Hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk mampu memenangkan persaingan bisnis hotel yang semakin ketat.

Quality Management Representative Lorin Hotel Solo, Dadang, menyampaikan persaingan perhotelan yang ketat menuntut hotel untuk memiliki nilai lebih. Oleh karena itu, kinerja dan operasional hotel terus dilakukan dari segi produk, program, jasa pelayanan, fasilitas hingga kualitas sumber daya manusia (SDM). “Tidak hanya membekali karyawan dengan aneka kursus dan pelatihan, Lorin juga menerapkan prosedur kerja dengan basis sertifikasi ISO,” kata Dadang saat ditemui wartawan, Selasa (16/12/2014).

Advertisement

Diperolehnya sertifikasi ISO merupakan komitmen manajemen untuk memberikan layanan maksimal kepada tamu. Dia menuturkan penilaian ISO tersebut sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu. “Kami terus mempertahankan dan memperbaiki kualitas. Selain itu, kami juga berusaha merespons dengan cepat setiap permasalahan yang ada,” ungkap dia.

Branch Manager (BM) PT URS Services Indonesia Cabang Solo, Fera Harikna, menyampaikan perusahaan besertifikat ISO, manajemennya mudah mengontrol setiap proses pekerjaan. Sementara keuntungan lain adalah brand image perusahaan meningkat.

Kolega pun semakin percaya dengan perusahaan tersebut karena kualitas telah diakui. Menurut dia, di Soloraya, baru Lorin yang memiliki dua sertifikat ISO sekaligus, yakni ISO mengenai standar mutu dan keamanan pangan (ISO 22000:2005).

Advertisement

Menurut dia, memang belum banyak perhotelan yang memiliki ISO tersebut karena hal itu merupakan komitmen dan keinginan masing-masing perusahaan. Dia menuturkan memiliki sertifikat ISO bukan keharusan seperti halnya sertifikat usaha.

Meski begitu perhotelan yang besertifikat memiliki nilai lebih jika dibandingkan hotel lainnya. Sertifikat ISO diakui secara internasional, karena itu kerja sama internasional pun bisa dilakukan dengan mudah.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif