News
Selasa, 16 Desember 2014 - 20:15 WIB

TEROR SYDNEY : Inilah Man Haron Monis, Sang Penyandera di Kafe Lyndt

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Man Haron Monis (Mirror.co.uk)

Solopos.com, SYDNEY--Teror Sydney sepanjang Selasa (16/12/2014) menjadi trending topic di beberapa situs online. Nama Man Haron Monis pun menjadi perbincangan. Man Haron Monis merupakan penyandera dalam tragedi di Kafe Lyndt Sydney tersebut.

Polisi Australia akhirnya menyerbu masuk Kafe Lyndt di Sydney, Australia, yang menjadi tempat seorang pria bersenjata menyandera sejumlah orang di dalam kafe itu.

Advertisement

Sebagaimana ditulis Kantor Berita Antara, dua orang tewas dalam teror Sydney tersebut. Entah terkena peluru saat baku tembak atau dibunuh oleh si pelaku penyanderaan, sedangkan penyandera sendiri ditembak mati polisi Australia.

Media Australia, salah satunya Sydney Morning Herald (SMH), mengidentifikasi penyandera sebagai Man Haron Monis.

Advertisement

Media Australia, salah satunya Sydney Morning Herald (SMH), mengidentifikasi penyandera sebagai Man Haron Monis.

Menurut SMH, pria ini kali pertama mencuri perhatian polisi tujuh tahun silam setelah mengirimkan surat-surat bernada kebencian kepada para keluarga tentara-tentara Australia yang tewas di Afghanistan.

Tahun lalu dia didakwa menjadi otak pembunuhan mantan istrinya yang juga ibu dari dua anak.

Advertisement

Monis dihukum 300 jam melakukan kerja sosial dan dituntut untuk berprilaku baik selama dua tahun gara-gara mengirim surat kebencian kepada keluarga tentara Australia yang dia kirimkan melalui bantuan pacarnya Amirah Droudis.

Masalah hukumnya ternyata tak berhenti di situ karena pada November 2013 dia didakwa membunuh mantan istrinya Noleen Hayson Pal.  Pal ditikam dan kemudian mayatnya dibakar di sebuah apartemen di Werrington.

Sang pacar, Amirah Droudis, juga dituntut atas pembunuhan ini.  Tetapi Monis sendiri dibebaskan dengan jaminan.

Advertisement

Lalu April tahun ini, Monis diajukan ke pengadilan dengan dakwaan melakukan kejahatan seksual terhadap seorang wanita di Sydney barat pada 2012.

Polisi mendakwa Monis menjadi tabib yang beroperasi di Station Street di Wentwothville.  Berita penangkapannya telah mendorong para korban melapor dan Monis pun terkena 40 dakwaan tambahan pada Oktober silam.

Monis disebut-sebut memasang iklan di surat kabar dengan menawarkan jasa konsultasi spiritual.  Dia mengaku dirinya sebagai pakar astrologi, numerologi, meditasi dan ilmu hitam.

Advertisement

Monis sempat memposting di blognya bahwa tuduhan polisi itu sebagai bagian dari upaya memburu dirinya.  “Tapi Tuhan berkehendak Man Haron Monis untuk tidak akan menghentikan aktivitas politiknya melawan penindasan,” kata dia dalam blognya sheikharon.com seperti dikutip SMH.

Menurut SMH, laman Facebooknya mendapat 14.725 like selama berlangsung penyanderaan, sebelum kemudian diblokir.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif