Teknologi
Selasa, 16 Desember 2014 - 16:30 WIB

PERSAINGAN PASAR SMARTPHONE : Di Tiongkok, Xiaomi Lebih Laris dari Samsung dan Apple

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Xiami Red Rice (Weibo)

Solopos.com, BEIJING – Perusahaan smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, mulai menggerus popularitas raksasa teknologi Samsung dan Apple. Berekspansi di kelas low-end smartphone, Xiaomi berhasil merajai pasar ponsel Tiongkok.

Mashable,  mengutip riset Gartner, Selasa (16/12/2014), melaporkan penjualan Xiaomi berhasil melonjak hingga tiga kali lipat, melampaui Samsung, Apple, dan vendor manapun.

Advertisement

Gartner mencatat, penjualan Xiaomi pada kuartal III 2013 hanya 3.613,5 unit sedangkan pada kuartal III 2014 penjualan produk Xiaomi mencapai 15.772,5 unit.Dengan demikian, petumbuhan penjualan pada periode tersebut mencapai 336,005%.

Padahal, Apple pada periode tersebut hanya mencatatkan pertumbuhan penjualan 25,9%. Huawei dan Lenovo masing-masing tumbuh 36,59% dan 16,54%. Sementara penjualan Samsung tergerus 8,89%.

Dorongan terbesar dari penjualan Xiaomi tentu berasal dari Tiongkok. Keberhasilan Xiaomi, sekaligus jadi kabar buruk bagi Samsung. Pasalnya, pangsa pasar Samsung di kelas menengah dan bawah secara signifikan telah tergerus.

Advertisement

“Penjualan smartphone Samsung turun 28,6% di Tiongkok, pasar terbesar mereka,” jelas Gartner.

Secara global, penjualan Samsung masih nomor satu dengan pencapaian 73.212,4  unit. Jumlah ini turun dibandingkan kuartal yang sama, dari 80 juta unit. Jumlah ini memaksa mereka hanya menelan pangsa pasar 24.4% secara global.

Kendati Xiaomi merajai pasar Tiongkok, tapi di posisi global, mereka harus kalah bersaing dengan rekan senegaranya yakni, Huawei yang menempati posisi ketiga.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif