Teknologi
Selasa, 16 Desember 2014 - 17:50 WIB

PENJUALAN PONSEL : Penjualan Kendor, Nokia Masih di Atas Apple

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Reuters)

Harianjogja.com, JAKARTA — Nokia belum mati, walaupun brand-nya di kelas smartphone terpaksa dibunuh sang empunya baru, Microsoft. Setidaknya dalam hasil penjualan mobile phone sepanjang kuartal ketiga 2014 lalu, Nokia membuktikan diri masih bertaji.

Dari laporan Gartner menyebutkan penjualan gabungan dari smartphone dan feature phone milik Nokia masuk ke posisi kedua, dengan jumlah penjualan 43 jutaan unit. Nokia cuma kalah dari Samsung, dengan penjualan 94 jutaan.

Advertisement

Namun catatan ini menyebutkan, Nokia mengalami penurunan dari sisi penjualan, bila dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu mencapai 63,1 juta. Penurunan ini jelas membuat, market share mereka juga turun dari 13,8% menjadi hanya 9,5%.

Dikutip detikINET dari situs resmi Gartner, Selasa (16/12/2014), Nokia tak sendiri. Karena Samsung pun mengalami penurunan jumlah penjualan telepon seluler. Dari 117 juta unit menjadi 94,1 juta dalam setahun terakhir.

Walaupun demikian, vendor asal Korea Selatan ini masih merajai market share dunia dengan pangsa 20,6%.

Advertisement

Penurunan ini jelas mengganggu, sebab Apple yang ada di posisi ketiga — dan tidak menjual feature phone mampu meningkatkan penjualan dari 30,3 juta unit di kuartal ketiga 2013, menjadi 38,1 juta unit setahun kemudian.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif