Jogja
Minggu, 14 Desember 2014 - 09:34 WIB

GKR Hemas Terima Banyak Keluhan tentang Dana Keistimewaan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - GKR Hemas (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

 

 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Keluhan tentang dana keistimewaan menjadi asiprasi yang banyak disuarakan masyarakat dalam kunjungan kerja Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas.

 

Pasalnya, keluhan ini tidak hanya diserukan aparat desa di Gunungkidul, sebab di wilayah-wilayah lain juga menyuarakan hal yang sama.

Advertisement

 

Ratu Keraton Yogyakarta itu berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut ke Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Tak hanya itu, aspirasi-aspirasi lain juga akan ditampung dan akan diperjuangkan sebagai prioritas kebijakan pemerintah ke depannya.

 

Keluhan tentang danais, salah satunya diserukan Pejabat Sementara Kepala Desa Jatiayu, Karangmojo Marsisno. Menurut dia, alokasi anggaran untuk danais begitu luar biasa. Hanya, anggaran tersebut belum dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat sepenuhnya.

Advertisement

 

“Masih minim, dan programnya masih berada di Pemerintah Kabupaten,” kata Marsisno, saat melakukan audiensi dengan GKR Hemas di Balai Desa Gedangrejo, Karangmojo, Jumat (12/12/2014).

 

Dia pun berharap, dana itu nantinya bisa sampai ke bawah. Dampaknya, masyarakat bisa merasakan secara langsung dari keistimewaan Yogyakarta tersebut.

Advertisement

 

“Kami saat ini belum bisa merasakan manfaat dari dana itu,” ungkap pria yang aslinya menjabat Sekretaris Desa Jatiayu itu.

 

Menanggapi keluhan tersebut, GKR Hemas mengatakan bila permasalahan itu tak hanya dialami masarakat di Gunungkidul. Sebab, daerah lain juga mengeluhkan hal yang sama.

Advertisement

 

“Tidak hanya di sini, saat saya melakukan kunjungan ke Sleman, Bantul dan Kulonprogo juga mendapatkan keluhan yang sama. keluhan yang disampaikan berkaitan anggaran, mulai dari penyaluran, penggunaan sampai manfaat dari dana itu,” ungkap dia.

 

Hemas pun sepakat bila danais tak hanya untuk urusan kebudayaan. Sebab, dana tersebut bisa digunakan kesejahteraan, sehingga rakyat bisa merasakan manfaat dari Keistimewaan Pemerintah DIY.

 

“Saya sangat setuju, dan akan menyampaian aspirasi ini ke Sultan. Hari ini dilaporkan, nanti malam langsung saya laporkan [kemarin],” seru dia.

Advertisement

 

Pertemuan dengan masyarakat di Desa Gedangrejo ini merupakan kegiatan reses yang dilakukan Permaisuri Sultan HB X itu. Kegiatan tersebut diisi dengan melakukan audiensi dengan tujuan untuk menyerap aspirasi dari rakyat.

 

“Aspirasi yang ada akan saya tampung kemudian akan saya perjuangkan,” katanya.

 

Selain masalah dana kesitimewaan, beberapa aspirasi warga yang disampaikan ke Hemas meliputi beberapa permasalahan, antara lain kepemudaan, kerukunan umat beragama, implementasi Undang-Undang Desa, maupun tentang kurikulum 2013 hingga bahaya minuman keras.

 

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif