News
Sabtu, 13 Desember 2014 - 13:15 WIB

KISAH UNIK : Begini Cara Pria Tiongkok Hindari Kemacetan Kota

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Xu Zhiyun dan Mobil Mininya (asiaone.com)

Solopos.com, BEIJING – Pria bernama Xu Zhiyun ini punya cara unik menghindari kemacetan di jalanan Kota Shanghai, Tiongkok. Dia menciptakan mobil mini untuk menembus celah-celah sempit di jalanan Shanghai.

Kisah unik Xu Zhiyun dilansir Asiaone, Jumat (12/12/2014). Dia membuat kendaraan yang diklaim sebagai mobil terkecil di dunia.

Advertisement

Sekilas, mobil mini ciptaannya memang terlihat seperti mobil mainan anak-anak. Namun, jika diperhatikan, mobil tersebut dilengkapi dengan mesin, pedal gas, dan rem yang dapat berfungsi dengan baik.

Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan lampu dan klakson. Bahkan ada tempat untuk pemutar musik dengan penyimpanan data hingga 500 lagu.

Xu menyebut, mobil mini ini digunakannya untuk menghindari kemacetan di Shanghai.

Advertisement

Xu sering berkeliling Kota Shanghai dengan menggunakan mobil mini ciptaannya. Ia bahkan dengan mudah menyalip mobil-mobil besar ketika sedang terjebak kemacetan lalu lintas.

Mobil mini ciptaan Xu ini memiliki panjang sekitar 58 cm, tinggi 38 cm dan lebar 33 cm. Ia membutuhkan waktu 2 tahun untuk menciptakan kendaraan senilai Rp3,1 juta tersebut.

Sayangnya mobil ciptaan Xu ini tak begitu cepat. Dia juga mengaku sering kelelahan lantaran harus menekuk kakinya saat mengendarai mobil.

Advertisement

Xu menyebut mobil itu diciptakannya karena hobi.

“Aku suka membangun sesuatu sejak kecil,” kata Xu. “Aku sudah tertarik pada sepeda motor selama lebih dari 30 tahun dan akhirnya aku ingin merakit mobil terkecil. Ini hanya hobi.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif