News
Jumat, 12 Desember 2014 - 13:29 WIB

Setelah Jadi Bintang Iklan, Adik Ahok Kunjungi Pabrik Sido Muncul

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penampilan adik Ahok yang juga Bupati Belitung Timur, Basuri Tjahaja Purnama, dalam iklan salah satu produk Sido Muncul. (Courtesy Youtube)

Solopos.com,SEMARANG — Bupati Belitung Timur, Basuri Tjahaja Purnama, dan perangkat desa dari kabupaten itu mengunjungi pabrik jamu Sido Muncul di Klepu, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/12/2014).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Bupati Belitung Timur beserta jajarannya bisa melihat langsung proses produksi pembuatan produk-produk di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Adik dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini juga untuk penjajagan pengadaan bahan baku jamu.

Advertisement

Basuri Tjahaja Purnama mengatakan kunjungan itu bisa merealisasikan harapan untuk bisa mengirim hasil rempah-rempah bahan jamu atau pun alang-alang. Alang-alang biasa tumbuh liar di daerah bekas tambang timah yang banyak berada di Belitung Timur.

“Kami ajak perangkat desa supaya bisa menularkan pengetahuan kepada petani di sana. Bahan baku jamu yang dimiliki Belitung Timur bisa dikembangkan menjadi produk jamu,” papar Basuri yang disapa Yuyu ini, Jumat.

Basuri memaparkan Indonesia kaya tanaman obat. Oleh karena itu, kata dia, masyarakat harus mampu secara mandiri mengolah dan memaksimalkan pemanfaatan bahan alam. Yuyu mengatakan dari produk jamu yang biasa dinilai produk sederhana tetapi pengerjaannya benar-benar dipikirkan dengan mengedepankan tradisi, ilmu dan teknologi.

Advertisement

“Ke depan, produk jamu yang berkualitas tentu mengutamakan kebersihan, kualitas dan penelitian khasiat produk-produk yang dihasilkan,” ujar Basuri.

Basuri Tjahaja Purnama sering muncul dalam iklan Alang Sari Plus yang merupakan salah satu produk Sido Muncul. Wajah Basuri pun tak asing lagi di layar kaca. Namun seperti dikutip dari media lokal di sana, Basuri tak menolak menerima bayaran dari iklan itu karena larangan dalam kode etik PNS. Basuri ingin memanfaatkan iklan itu sebagai media promosi untuk Belitung Timur.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Irwan Hidayat mengatakan perusahaan selalu mengedepankan proses produksinya dengan standar Good Manufacturing Practice (GMP) dan mengacu nilai nilai aman dan rasional. “Kami juga telah mendapatkana sertifikat ISO 17025 untuk laboratorium,” papar Irwan.

Advertisement

Dia mengatakan kunjungan Basuri Tjahaja Purnama diharapkan dapat menjalin kerjasama dalam pasokan bahan baku. “Jika bahan jamu di Belitung harganya lebih kompetitif, kami siap melakukan kerjasama berkelanjutan. Bahkan, kalau harganya lebih murah kami bisa membangun pabrik di sana,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif