Soloraya
Jumat, 12 Desember 2014 - 15:45 WIB

PENATAAN MONUMEN '45 : Pembangunan Taman Monjari Solo Digelontor Rp3,5 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kawasan yang pada tahun 1930-an disebut Villa Park dan kini masuk wilayah Stabelan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah terdapat taman yang di tengahnya terdapat sebuah tuguyang disebut Monumen Juang '45 untuk memperingati serangan umum empat hari di Kota Solo tahun 1949. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO – Pembangunan taman dan penataan kawasan Monumen ’45 Banjarsari atau dikenal kawasan Monjari mulai dikerjakan Maret 2015 mendatang. Untuk proyek tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menggelontorkan dana Rp3,5 miliar.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo, Hasta Gunawan, ketika dijumpai wartawan di sela-sela peresmian Kantor Kelurahan Stabelan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (12/12/2014), mengatakan detail engineering desaign (DED) pembangunan taman Monjari akan dibuat Januari.

Advertisement

Hasta menerangkan konsep pembangunan taman menggabungkan hasil desain penataan Monjari yang disayembarakan Badan Lingkungan Hidup (BLH) belum lama ini. Ada tiga konsep hasil sayembara yang bakal digabungkan.

“Tapi saya lupa konsepnya apa saja. Yang jelas penataan kawasan akan mengacu konsep kota hijau,” imbuhnya.

Nantinya, Hasta mengatakan kawasan Monjari harus bebas dari kendaraan bermotor. Kawasan itu hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki dan sepeda onthel.

Advertisement

Sementara itu, Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan pembangunan taman di kawasan Monjari menjadi fokus program kerja Pemkot tahun depan.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif