Lifestyle
Jumat, 12 Desember 2014 - 07:00 WIB

PARIWISATA SOLO : Di Sini Tempatnya Belanja Penganan Khas untuk Oleh-Oleh dari Solo...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua pegawai Toko Mesran di Jl. Kalilarangan membungkus serundeng. Makanan itu menjadi salah satu komoditas andalan toko tersebut. (Lutfiyah/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Rasanya kurang lengkap jika berwisata ke Solo dan tidak membawa buah tangan untuk sanak saudara di rumah. Mengapa tidak ke pusat oleh-oleh Solo saja? Karena kota ini memiliki pusat oleh-oleh penganan tradisional khas Solo yang bisa membuat lidah Anda dan keluarga tidak mampu menolak untuk ngemil.

Berdasarkan keterangan Sri Redjeki, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Solo, yang ditemui Solopos.com, Kamis (11/12/2014), ada sejumlah pusat oleh-oleh Solo terpopuler yang mendukung pariwisata Solo. Apa saja itu? Yuk, kita telusuri…

Advertisement

Serabi Notosuman
Serabi sebagai makanan khas Solo diolah dan disajikan dengan varian berbeda di pusat oleh-oleh Serabi Notosuman yang berada di Jl. Moh. Yamin No. 28, Solo. Varian berbeda dari Serabi Notosuman adalah rasa cokelat. Rasa cokelat memberi cita rasa berbeda untuk serabi yang umumnya gurih. Setiap keping serabi dikemas dengan balutan daun pisang yang membuat aroma serabi semakin menggoda. Tidak salah jika Anda memilih Serabi Notosuman sebagai oleh-oleh dari Solo.

Orion
Orion adalah pusat oleh-oleh Solo yang memproduksi kue mandarijn legendaris, karena resep yang digunakan sudah turun temurun sejak 1930. Apa spesialnya? Kue lapis surabaya yang dilabeli nama mandarijn produksi Orion ini memiliki rasa legit yang khas dan tidak membuat bosan. Anda dapat membuktikannya dengan langsung mendatangi Orion di Jl. Urip Sumoharjo No. 80, Solo. Jangan kaget ketika sampai di sana, Anda harus sabar mengantre saat hendak membayar.

Roti Ganep
Berbeda dengan Orion yang mengunggulkan produksi kue basah, berwujud roti mandarijn, Ganep memiliki kekhasan dalam produksi roti kering. Roti kecik adalah produk yang paling diminati. Ganep memproduksi roti kecik dalam tiga bentuk, yaitu bulat, panjang, dan gelang yang dibanderol dengan harga Rp27.200,00 untuk berat 250 gr. Anda tidak hanya dapat menjumpai roti kecik, karena Ganep juga memproduksi aneka kue tradisional lain, seperti roti smeer kering, kue semprong—varian wijen dan pisang—, untir-untir, jagung gepuk, dan satru kacang ijo. Ingin tahu lebih banyak produk Roti Ganep? Silakan datang ke pusat oleh-oleh Solo satu ini di Jl. Sutan Syahrir No. 176, Tambak Segaran, Solo.

Advertisement

Kedai Pangan Varia Abon Solo
Pusat oleh-oleh Solo ini berada di Jl. dr. Rajiman No. 132, Coyudan, Solo. Apabila Anda penyuka abon, maka Kedai Pangan Varia Abon Solo adalah pilihan tepat berbelanja. Abon Varia menawarkan pilihan rasa manis dan pedas. Banyak orang yang menggemari produk Kedai Pangan Varia Abon Solo ini, maka tidak ada salahnya jika Anda singgah sebentar untuk membeli buah tangan khas Solo ini.

Toko Abon Mesran
Sebagaimana namanya, pusat oleh-oleh Solo ini mengandalkan produk penganan khas, yaitu abon. Namun, bukan hanya abon, sebab Toko Abon Mesran juga menawarkan aneka penganan tradisional lain, seperti intip, ampyang, atau keripik usus. Silakan memilih oleh-oleh sepuasnya di Toko Abon Mesran yang berlokasi di Jl. Kalilarang No. 71, Solo.

Sederet pusat oleh-oleh pendukung pariwisata Solo tersebut, bisa menyuguhkan camilan sehat sebagai teman perjalanan Anda. Namun, selain pilihan pusat oleh-oleh tersebut, Pemkot Solo merancang pasar khusus oleh-oleh di kawasan Jongke demi memuaskan gairah Anda membawa oleh-oleh dari Solo. (Evi Handayani/JIBI/Solopos)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif