Soloraya
Jumat, 12 Desember 2014 - 23:10 WIB

KEBAKARAN KARANGANYAR : 30 Lapak Pasar Kebakkramat Ludes Dilalap Api

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kebakaran (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sekitar 30 lapak di Pasar Kebakkramat, Karanganyar terbakar, Jumat (12/12) pukul 18.30 WIB. Kebakaran diduga karena hubungan pendek arus listrik.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, satu blok berisi sekitar 30 lapak pasar yang terbakar itu rata dengan tanah. Kebakaran menyisakan pecahan genting, seng, kayu, dan lain-lain.

Advertisement

Beruntung, api tidak merembet ke bangunan baru Pasar Kebakkramat. Blok yang terbakar menempel pada dinding bagian belakang kios Pasar Kebakkramat yang baru.

Pemerintah Kabupaten Karanganyar tengah membangunkan kios untuk sejumlah pedagang di Pasar Kebakkramat. Pemkab Karanganyar juga hendak menata pedagang di pasar tersebut.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kebakaran diduga karena hubungan pendek arus listrik. Salah seorang pedagang di Pasar Kebakkramat, Harmi, yang menjadi korban kebakaran itu mengaku menerima kabar sejumlah lapak di Pasar Kebakkramat terbakar saat sedang kulak roti di Bekonang.

Advertisement

“Ya saya langsung balik ke pasar. Syukurlah bukan los saya yang terbakar. Ini satu blok kira-kira isinya lebih dari 20 pedagang. Kalau 30 pedagang ada. Isinya pedagang macam-macam. Ada bumbu dapur, makanan ringan, dan lain-lain. Los saya di seberang blok persis,” ujar Harmi saat ditemui Solopos.com di sela-sela aktivitasnya menyingkirkan kayu dari jalan di antara dua blok.

Sebelum Maghrib
Pedagang lain yang enggan disebutkan namanya menuturkan kebakaran terjadi sebelum Maghrib. Saat kejadian, pedagang yang tinggal di seberang Pasar Kebakkramat melihat kobaran api. Mereka lantas berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Tidak lama kemudian, dua mobil pemadam kebakaran datang dan berupaya memadamkan api. Kobaran api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.45 WIB.

Kepala BPBD Karanganyar, Aji Pratama Heru Kristianto, mengonfirmasi rentetan kejadian sebagaimana dikemukakan saksi mata. Menurut dia, api melalap los bagian dalam Pasar Kebakkramat seluas 15 meter x 20 meter.

Advertisement

“Seluruh dagangan habis terbakar. Tetapi belum dapat menaksir kerugian dan kerusakan. Kemungkinan kebakaran disebabkan hubungan pendek arus listrik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” ungkap dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif