Jateng
Jumat, 12 Desember 2014 - 22:50 WIB

GEMPA BUMI : Dieng Dilanda Gempa 3,5 SR, Pusat Gempa di Kedalaman 10 Km

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi gempa bumi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Kanalsemarang.com, BANJARNEGARA – Gempa berkekuatan 3,5 skala Richter mengguncang Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (12/12/2014).

Advertisement

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara Akhmad Lani mengatakan gempa yang terjadi pukul 20.58 WIB tersebut berlokasi di 7,15 derajat lintang selatan dan 110,07 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer.

“Pusat gempa di Dataran Tinggi Dieng, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Gempa dirasakan hingga I-II MMI (Modified Mercally Intensity) terutama di sekitar Batur,” katanya saat dihubungi dari Purwokerto dia memperkirakan gempa tersebut merupakan gempa tektonik sehingga dapat terekam oleh peralatan BMKG.

“Biasanya kalau gempa vulkanik jarang terekam oleh peralatan kami,” katanya seperti dikutip Antara.

Advertisement

Saat dihubungi secara terpisah, Camat Batur Silasatriana mengatakan bahwa pihaknya belum menerima laporan mengenai warga yang merasakan gempa tersebut.

Sementara itu, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Tunut Pujiharjo memperkirakan pusat gempa berada di sekitar Sukorejo, Kabupaten Kendal.

“Seismometer kami yang paling awal menangkap getaran gempa itu berada di timur laut Dieng, sehingga kemungkinan pusat gempa di sekitar Sukorejo atau Kendal bagian selatan. Kami dapat informasi kalau di Sukorejo banyak radio yang jatuh,” katanya.

Advertisement

Selain itu, kata dia, sejumlah warga Kejajar, Kabupaten Wonosobo, dilaporkan merasakan gempa tersebut.

Disinggung mengenai kemungkinan gempa tersebut berdampak pada peningkatan aktivitas vulkanik sejumlah kawah di Dieng, dia memperkirakan hal itu tidak akan terjadi karena guncangan gempa tidak dirasakan di Batur.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif