Jogja
Selasa, 9 Desember 2014 - 15:40 WIB

Ratusan Orang Bekerja, Usaha Karaoke Kulonprogo Berharap Tak Ditutup

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto penyegelan tempat karaoke di Pantai Parangkusumo Bantul. (JIBI/Harian Jogja/Bhekti Suryani)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Seratusan orang bekerja dan menggantungkan hidup di usaha karaoke yang ada di Kulonprogo. Karenanya, pemilik usaha berharap usaha tersebut tidak ditutup oleh Pemerintah.

Perwakilan Jaringan Peduli Suara Rakyat (Japera) Waljito menjelaskan keberadaan tempat hiburan karaoke di Kulonprogo menyerap hampir 100 orang pekerja.

Advertisement

“Ada delapan tempat karaoke dan rata-rata terdapat sepuluh pekerja di dalamnya,” kata dia, Senin (8/12/2014).

Ia menyayangkan Pemkab yang ingin menutup usaha karaoke di Kulonprogo tanpa melakukan pembinaan terlebih dulu. Diuraikannya, pemilik usaha karaoke meminta Bupati untuk memberikan perlindungan pada tempat usaha karaoke sebab izin sedang dalam proses.

“Kami berharap Pemkab menggunakan pendekatan kemanusiaan dalam menyelesaikan persoalan ini,” katanya.

Advertisement

Beko Warsito, salah satu pemilik tempat usaha karaoke, menuturkan, usaha karaoke yang dimilikinya sudah berjalan sejak enam tahun lalu. “Tidak ada pembinaan dan sejak dulu dibiarkan, tetapi mengapa baru sekarang akan ditutup,” terangnya di hadapan wartawan, Senin (8/12/2014).

Diakuinya sudah dua tahun mengurus izin usaha karaoke, namun tak kunjung diterbitkan. Menurutnya, sebagian besar pengusaha karaoke sedang dalam proses mengurus perizinan sehingga tidak dapat serta merta usaha ditutup.

Ia mengatakan persoalan ini sudah disampaikan langsung ke Bupati Kulonprogo dalam pertemuan informal beberapa waktu lalu. Ketika itu, kata Beko, Bupati tidak secara jelas melarang maupun mengizinkan keberadaan tempat usaha karaoke.

Advertisement

Namun, keesokan harinya Bupati mengeluarkan pernyataan supaya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menindak tegas keberadaan tempat hiburan karaoke.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif