Lifestyle
Selasa, 9 Desember 2014 - 06:00 WIB

INFO KULINER SOLO : Begini Nikmat Kuliner di Jalur Sedap Adisucipto

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Soto Bangkong di Jl. Adisucipto Colomadu, Karanganyar (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Sajian kuliner khas yang menggoda lidah tiada henti ditawarkan di setiap sudut Kota Solo, Jawa Tengah. Lezatnya udang bakar madu, gurihnya gurami pesmol, hingga sensasi maknyes es beras kencur dapat dinikmati di sejumlah restoran dan kafe di Jl. Adisucipto yang membentang dari Manahan, Solo hingga Colomadu, Karanganyar.

Jl. Adisucipto merupakan jalan utama yang menghubungkan wilayah Colomadu, Karanganyar hingga Manahan, Solo. Sepanjang jalan tersebut dapat dijumpai pula beberapa restoran dan kafe yang menghidangkan kuliner andalan mereka masing-masing. Berikut ini Solopos.com menyajikan  sejumlah restoran dan kafe di sepanjang Jl. Adisucipto itu.

Advertisement

Mom Milk

Mom Milk Jl. Adi Sucipto 4 Manahan, Solo (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Mom Milk merupakan kafe yang terletak di ujung timur Jl. Adisucipto, Manahan, Solo. Berdiri sejak tahun 2011, Mom Milk menyediakan susu sapi segar sebagai menu utamanya.

Bukan sekadar susu sapi segar, melainkan susu yang diolah dengan berbagai rasa. Sampai saat ini, Mom Milk sudah memiliki 18 varian rasa yang dapat dipilih para penikmat susu yang berkunjung ke sana. Beberapa di antaranya adalah vanilla, cokelat, stroberi, cookies, hazelnut, nangka dan durian.

Buka pada pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB, Mom Milk dirancang dengan konsep kafe yang tidak hanya menyediakan  susu akan tetapi juga menghadirkan tempat yang nyaman dan asyik untuk duduk berlama-lama.

Seluruh sudut ruangan dihiasi dengan lampu dengan wadah yang unik, untuk pengunjung yang datang beramai-ramai juga disediakan sejumlah meja dan kursi dengan ukuran jumbo. Tidak berhenti sampai di situ, pengunjung juga dapat menikmati akses internet gratis lewat jaringan WiFi.

“Biasanya saya pesan yang rasa hazelnut dan vanilla, tapi hari ini kepengin rasa nangka. Rasa buah nangkanya kuat, manisnya juga pas dan susunya enggak bikin enek,” jelas Sisil, salah seorang pengunjung di Mom Milk. Selasa (2/12/2014).

Advertisement

Ridwan, salah satu pengunjung juga mengungkapkan Mom Milk merupakan salah satu kafe favoritnya. “Sudah berkali-kali datang ke Mom Milk tetap enggak bosan juga. Tempatnya bersih, enak buat nongkrong, konsep ruangannya juga bagus, bernuansa retro yang anak muda banget,”

Harga yang ditawarkan untuk segelas susu ukuran reguler mulai dari Rp9.000, sedangkan untuk ukuran gelas jumbo atau king size adalah Rp15.000. Selain susu beraneka rasa, ada pula aneka snack sebagai camilan seperti kentang goreng, omelet, otak-otak dan sosis yang dipatok dengan harga mulai Rp9.000 per porsi.

Cafedangan

CAFEdangan 1 Jl. Adi Sucipto 7 Manahan, Solo (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Cafedangan merupakan salah satu tempat yang populer di kalangan anak muda Kota Solo. Terletak di Jl. Adisucipto, Manahan, Solo, Cafedangan memilik dua gerai yang letaknya berdekatan.

Gerai pertama terletak di jalur utama Jl. Adisucipto No.7, sedangkan gerai kedua berada di selatan Gedung Olahraga (GOR) Tenis, Manahan.

Buka selama 24 jam penuh, Cafedangan menawarkan kafe dengan penganan dan suasana khas angkringan. Dengan cara prasmanan, pengunjung dipersilakan mengambil sendiri makanan  yang telah tertata rapi di meja panjang.

Advertisement

Seperti halnya angkringan, di sana terdapat beberapa pilihan nasi bungkus seperti nasi bandeng, nasi oseng, nasi teri, dan nasi bakar. Begitu pula dengan minuman, dapat dinikmati di sana, wedang jahe gepuk, susu jahe, teh krampul dan kopi yang semuanya disajikan dengan gelas bergambar tokoh pewayangan punakawan. Namun, yang menjadikan Cafedangan lebih istimewa adalah menu andalannya, yaitu nasi bakar dan wedang jahe gepuk.

Koko, salah satu pengunjung mengungkapkan Cafedangan memiliki menu kudapan yang cukup komplet. “Enggak cuma makan nasi kok, malah biasanya sambil nongkrong saya lebih banyak ambil camilan seperti sosis, sate keong, sate telur puyuh dan pisang karamel,” ungkap Koko. Selasa (2/12/2014).

Harga yang ditawarkan oleh Cafedangan beragam, nasi bungkus dijual dengan harga mulai Rp2.000 per bungkus, gorengan dijual dengan harga mulai Rp1.000 per buah, sedangkan aneka minuman dapat dinikmati dengan harga mulai Rp3.000 per gelas.

Ikan Goreng Cianjur

Ikan Goreng Cianjur Jl. Adi Sucipto 29 Manahan, Solo (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Selain olahan susu dan sajian angkringan dengan kemasan kafe, restoran dengan sajian olahan ikan juga dapat dijumpai di Jl. Adisucipto, Manahan, Solo. Restoran tersebut bernama Ikan Goreng Cianjur.

Memiliki konsep sebagai restoran tradisional modern dengan cita rasa bumi pahrayangan, Ikan Goreng Cianjur menyuguhkan kuliner andalan yaitu ikan gurami goreng dengan bumbu pesmol yang lezat.

Advertisement

Sajian ikan gurami itu memiliki penampilan yang menggiurkan dengan bumbu gurih pedas yang meresap hingga ke dalam tulang ikan. Aroma harum dari serai, daun salam dan lengkuas juga muncul dari kuahnya yang kental berwarna kuning kecokelatan. Satu porsi gurami pesmol dapat dinikmati dengan harga Rp60.000 per porsi.

Selain menu gurami pesmol, Ikan Goreng Cianjur juga menyedikan hidangan lain seperti sate gurami, sate nila, gurami terbang dan ikan kriuk-kriuk. Satu porsi sate nila bisa disajikan menjadi sembilan hingga 12 tusuk dengan irisan yang pas di mulut.

Boga-Bogi

Boga-Bogi Jl. Adi Sucipto 73 Jajar, Solo (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Di Jl. Adi Sucipto terdapat dua gerai Boga-Bogi. Cabang pertama terletak di barat deretan penjaja buah-buahan Jl. Adisucipto No.73 Jajar, Solo. Sedangkan gerai kedua terletak di barat hotel Lor In tepatnya di Jl. Adi Sucipto Km.9 Colomadu, Karanganyar.

Meski demikian, tulisan pada pintu masuk yang akan dibaca oleh pengunjung yang datang bukanlah huruf, melainkan angka 13064-13061.

Kedua cabang Boga-Bogi menghadirkan tempat dengan suasana tradisional, bagian dalamnya dibuat remang-remang. Tidak hanya ruang makan dengan kursi dan meja, bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan dengan lebih santai, di sana juga disediakan sejumlah saung untuk tempat lesehan dengan pemandangan taman yang asri.

Advertisement

Makanan yang ditawarkan juga bermacam-macam mulai dari ayam goreng kremes, gurami asam manis, pecel lele, kakap bakar madu, soto, kare serta aneka lauk pauk dan snack. Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda karena ada beragam cara penyajian.

Seperti olahan ayam misalnya, Boga-Bogi menawarkan satu porsi ayam goreng kremes dengan harga Rp14.500. Sedangkan untuk pengunjung yang datang dalam jumlah banyak dapat memesan satu ekor utuh ayam goreng kremes dengan harga  Rp58.000.

Restoran yang buka pada pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB itu menghadirkan pemandangan yang lebih cantik saat malam tiba karena terdapat lampu-lampu yang menghiasi taman dan sudut ruangan.

Klopo Resto

Klopo Resto Jl. Adi Sucipto 100 Jajar, Solo (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Menghidangkan berbagai macam kuliner asli Indonesia, restoran yang terletak di Jl. Adisucipto No. 100 Jajar, Solo itu buka setiap hari pada pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Menu kuliner yang lengkap, tempat parkir yang luas, lokasi yang mudah diakses membuat Klopo Resto selalu ramai dikunjungi terutama pada jam makan siang hingga malam hari.

Advertisement

Saat memasuki ruangan Klopo Resto, pengunjung dimanjakan dengan udara yang sejuk, tempat makan yang bersih, pramusaji yang ramah dan beberapa hiasan dinding yang memperlihatkan motif batik untuk menambah kesan tradisional Indonesia.

“Klopo Resto menghadirkan suasana yang santai, enak untuk makan, nyaman untuk ngrobrol dan membuat pelanggan betah. Restoran yang memiliki tempat bagus memang sudah banyak, akan tetapi restoran dengan tempat bagus sekaligus nyaman masih sulih dijumpai di Solo,” jelas Rana, Manajer Klopo Resto. Rabu (3/12/2014).

Salah satu menu yang menjadi promo saat ini adalah paket lodeh. Paket lodeh itu berisi nasi yang disajikan hangat dalam sebuah bakul, semangkuk sayur lodeh, dan beberapa pelengkap seperti sambal, tahu, tempe, telur rebus bacem dan kerupuk. Satu porsi paket lodeh dapat dinikmati untuk dua orang dengan merogoh kocek sebesar Rp30.000.

Selain lodeh, masih ada sekitar 30 jenis masakan Indonesia yang dapat dicicipi. Beberapa diantaranya adalah sayur asem, nasi bakar, ayam goreng klopo, ayam panggang klopo, rawon, urap, sop buntut dan iga sapi bakar. Untuk minuman, Klopo Resto memiliki sajian andalan dengan nama klopo special. Minuman itu berisi kolang-kaling, nangka, nata de coco, kelapa muda dan stroberi.

Meski menyajikan menu tradisional, Klopo Resto menggunakan manajemen dapur yang baik dan profesional dengan peralatan masak berstandar terbaik. “Semua menu yang disajikan memiliki standar dari proses masak hingga penyajiannya,” ujar Rana.
Selain makanan yang lezat serta minuman yang menyegarkan, Klopo Resto juga menawarkan ruangan VIP berkapasitas 50 orang yang dapat digunakan untuk keperluan rapat maupun acara lain. (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Kenikmatan berlanjut ke Restoran Taman Pringsewu…

Advertisement

Restoran Taman Pringsewu Solo

Restoran Taman Pringsewu Jl. Adi Sucipto 137A Jajar, Solo (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Beralamat di Jl. Adisucipto No. 137A Jajar, Solo, Pringsewu menghadirkan konsep restoran yang dipadukan dengan taman yang asri.

Dengan area yang luas, di dalamnya dapat dijumpai ruang makan, taman, saung dan beberapa ruangan VIP yang biasa digunakan untuk pertemuan dalam jumlah besar.

Beberapa pengunjung yang datang membawa keluarga dan anak-anak biasanya akan langsung menuju saung-saung yang sudah disediakan di bagian belakang taman.

Tidak heran karena memang suasana di taman itu sangat santai dengan angin yang sepoi-sepoi ditambah lagi di sana terdapat mainan untuk anak-anak dan sejumlah kolam ikan.

Yanti, manajer Pringsewu Solo menjelaskan menu andalan di sana adalah gurami bakar. Ikan gurami yang masih segar dibakar diatas bara api dengan bumbu spesial Pringsewu. Ada pula sop buntut sapi dengan potongan besar yang sangat empuk dan lezat. Selain kedua sajian tersebut, masih ada sajian lain seperti sop iga, nasi goreng seafood dan ayam bakar.

Sajian minuman yang ditawarkan juga tidak kalah istimewa seperti es pringsewu, soda gembira dan es kelapa muda yang disajikan cantik dengan pilihan rasa sirup manis, sari jeruk dan gula jawa. Ada juga minuman hangat antara lain teh poci, jahe poci dan kopi.

Anjani, salah satu pengunjung mengungkapkan Pringsewu memiliki makanan yang enak dengan tempat yang nyaman. “Taman dan saungnya sangat nyaman, makanan yang disajikan juga nikmat. Ini saya pesan nasi, udang asam pedas dan ayam goreng sudah bikin kenyang,”ungkap Anjani. Selasa (2/12/2014).

Sebagai salah satu nilai tambah, Pringsewu juga bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan memberikan potongan harga sebesar 10% bagi anak-anak yang memiliki Kartu Insentif Anak (KIA).

Untuk menikmati beragan sajian di Pringsewu pengunjung perlu merogoh kocek antara Rp12.000 hingga Rp84.000 tergantung menu yang dipesan. Pringsewu buka pada pukul 08.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Angkringan Solo

Angkringan Solo Jl. Adi Sucipto 129 Jajar, Solo (Himawan UlulRestoran Taman Pringsewu Jl. Adi Sucipto 137A Jajar, Solo (Himawan Ulul/JIBI/Solopos))

Angkringan Solo merupakan kafe yang menyuguhkan sajian ala angkringan dengan tempat bergaya urban modern.

Dihiasi dengan banyak bola lampu serta sangkar menyala yang di gantung di pohon yang mengelilingi area itu membuat Angkringan Solo mudah mencuri pehatian pengguna jalan yang sedang melitas di Jl. Adisucipto No. 129 Jajar, Solo.

Keramaian lalu-lalang para pengguna jalan juga menjadi pemandangan yang enak dilihat sambil menikmati jajanan dan duduk bersantai di lantai kedua saat malam tiba.

Menjadikan kebiasaan sebagian masyarakat Solo yang sering menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga di warung angkringan, Arries Herwasto memunculkan ide membuat Angkringan Solo dengan konsep modern namun tetap santai.

“Masyarakat Solo sudah bosan dengan konsep tradisional yang itu-itu saja, berbeda dengan Jakarta yang kebanyakan memang menyukai konsep seperti itu,” ujar Arries. Selasa (2/12/2014).

Selain memanjakan mata, Angkringan Solo juga menawarkan menu yang memanjakan lidah. Ada beberapa pilihan menu yang tersedia, mulai dari aneka minuman, wedang angkringan, es beras kencur, teh kesehatan dan masih banyak lagi. Ada pula nasi bandeng, sambal goreng krecek, nasi oseng, beragam makanan vegetarian dan bermacam – macam sate.

Salah satu minuman andalan yang sering dipesan adalah wedang angkringan. Minuman hangat dengan aroma yang khas itu terbuat dari campuran jahe, daun jeruk, serai dan gula jawa.

Damar, salah satu pengunjung mengungkapkan dirinya datang ke Angkringan Solo bermula dari rasa penasaran saat melihat tampilan tempat itu ketika pulang kuliah.

“Saat pulang kuliah sering lihat dari jalan, tempatnya unik, terang , banyak hiasan lampu, meja dan kursi juga dibuat warna-warni. Akhirnya saya sempatkan buat mampir kemari,” ungkap Damar.

Makanan yang disajikan di kafe yang buka dari pukul 17.00 WIB hingga 17.00 WIB itu dapat dinikmati dengan harga mulai Rp3.000 hingga Rp10.000, sedangkan minuman mulai Rp3.000 sampai Rp6.000.

AM-PM Café

AM-PM Cafe Jl. Adi Sucipto 180 Solo (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Terletak di Jl. Adisucipto No. 180 Solo, AM-PM Café buka selama 24 jam penuh dan meyediakan aneka makanan, snack dan minuman. Dengan konsep modern, AM-PM Café menghadirkan tempat yang nyaman dengan suguhan live music pada malam hari.

Hara, kasir AM-PM Café menjelaskan di sana terdapat berbagai macam makanan dengan berbagai harga. Menu termurah adalah bubur ayam yang dapat dinikmati dengan harga Rp6.500 per porsi.

Ada pula nasi goreng tugu adipura dengan harga Rp37.000 per porsi dan iga bakar dengan harga Rp42.500 per porsi.

Lebih lanjut, Hara menjelaskan olahan ikan merupakan kuliner AM-PM Café termahal karena dijual dengan harga per ons. Seperti ikan gurami misalnya, olahan ikan air tawar itu dapat dinikmati dengan merogoh kocek sebesar Rp11.000 per ons.

Frans, salah satu pengunjung mengungkapkan sekitar seminggu dua kali dirinya sering datang ke AM-PM Café untuk urusan bisnis. “Kalau bertemu klien biasanya saya ajak kesini. Selain karena buka 24 jam, menu yang ditawarkan cukup lengkap dari makanan sampai minuman. Suasana tempatnya juga nyaman dan santai,” ungkap Frans. Selasa (2/12/2014).

Palm Garden Resto

Palm Garden Resto Jl. Adi Sucipto 183 Solo (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Restoran yang hadir dengan konsep keasrian taman itu terletak di Jl. Adisucipto No. 168 Solo. Saat memasuki area parkir, pengunjung disambut dengan gemercik air mancur dan beberapa lampu taman.

Menu kuliner yang disajikan juga tidak kalah sedapnya seperti pemandangan yang disuguhkan.

Salah satu menu andalan di Palm Garden Resto adalah gurami telur asin. Memiliki rasa gurih dan pedas, ikan gurami yang disajikan tanpa duri itu kental dengan aroma rempah, bawang putih dan cabai.

Sebagai pelengkap diberikan pula irisan jeruk nipis. Untuk dapat menikmati hidangan tersebut, pengunjung perlu mengeluarkan uang sebesar Rp69.000 per porsi.

Selain gurami telur asin, Palm Garden Resto juga menawarkan beragam olahan lain seperti kakap bakar madu, cumi goreng tepung, lumpia udang, nasi goreng seafood, ayam goreng dan aneka sayur. Harga makanan terendah yang ditawarkan Palm Garden Resto adalah Rp8.000 per porsi berupa aneka sayur, sedangkan harga tertinggi adalah menu gurami telur asin tadi.

Untuk minuman, Palm Garden Resto juga menyediakan berbagai pilihan seperti teh manis, jus buah dan es campur yang dibanderol dengan harga mulai Rp5.000 hingga Rp15.000.

Restoran yang buka pada pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB itu dapat dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah bangunan yang berdiri di atas kolam ikan, bangunan tersebut adalah tempat makan dengan perabot lengkap seperti meja dan kursi.

Bagian kedua adalah area lesehan yang ada di dalam taman, sedangkan bagian ketiga adalah sejumlah gazebo yang berjajar yang muat untuk menampung empat sampai enam orang. Selain tiga bagian tadi, taman dengan pemandangan hijau itu juga menyediakan arena bermain bagi anak-anak, panggung live music dan pemancingan.

Sumringah Resto

Sumringah Resto Jl. Adi Sucipto Colomadu, Karanganyar (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Sudah berdiri selama tiga tahun, Sumringah Resto juga terletak di Jl. Adisucipto, Colomadu, Karanganyar. Menempati area yang luas dan diapit areal persawahan, semilir angin dapat langsung dirasakan saat memasuki halaman parkir.

Dengan bangunan berbentuk joglo, Sumringah Resto hadir menawarkan menu utama seperti nasi goreng, ayam jawa dan gurami bumbu acar kuning. Sholeh, salah satu pegawai Sumringah Resto menjelaskan gurami acar kuning merupakan sajian gurami yang sudah dipisahkan dari durinya.

Rasa asam yang segar dari kuah acar kuning serta tekstur daging gurami yang empuk membuat sajian itu istimewa. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi gurami acar kuning adalah Rp70.000.

Selain beberapa menu andalan yang sudah disebutkan, ada pula menu lain seperti udang telur asin, udang madu dan mi hot plate. Harga yang ditawarkan oleh Sumringah Resto mulai dari Rp12.000 hingga Rp17.000.

Anda yang penasaran seperti apa sensasi rasa gurami acar kuning dapat datang langsung ke Sumringah Resto pada pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Pawon Omahku

Pawon Oemahkoe Jl. Adi Sucipto Blulukan, Colomadu, Karanganyar (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Kesan pertama yang mungkin muncul saat menyambangi Pawon Omahku adalah ayem, tradisional dan menyatu dengan alam.

Pawon Omahku adalah salah satu rumah makan yang menghadirkan nikmatnya kuliner dengan fasilitas wahana bermain untuk keluarga.

Menu kuliner yang ditawarkan di sana beragam. Hartiwi, pemilik Pawon Omahku menjelaskan salah satu menu favorit di sana adalah rawon bakar.

Sedikit berbeda dengan rawon pada umumnya, daging rawon dibakar terlebih dahulu baru kemudian disajikan di atas daun pisang dengan piring gerabah sebagai alasnya. Aroma daging yang dibakar cocok dipadukan dengan sambal terasi yang diuleg sedikit kasar.

Lain halnya dengan rawon penyet, dagingnya tetap hasil rebusan yang berbumbu dengan cita rasa legit baru kemudian dipadukan dengan sambal terasi bercampur tomat. Meski sudah disesuaikan dengan lidah orang Solo, Cita rasa rawon di restoran tak kalah nikmat dibandingkan rawon dari daerah asalnya, Jawa Timur Harga makanan yang ditawarkan di Pawon Oemahkoe berkisar antara Rp13.000 per porsi hingga Rp38.000 per porsi.

Sebagai wahana bermain untuk anak-anak, pada bagian taman dapat dijumpai lokomotif berwarna merah-hitam dengan tiga gerbong kereta terparkir di dekat stasiun kereta api mini yang disediakan Pawon Omahkoe.

Tidak jauh dari situ terdapat sebuah rangkaian kereta listrik mini bergambar kartun seperti Upin-ipin, Donald Bebek dan Mickey Mouse. Selain wahana kereta, permainan lain yang disediakan Pawon Omahku di antaranya ayunan, bola globe, gerobak dan becak mini. Wahana itu berada di taman di sela-sela bangunan rumah makan.

Untuk menikmati sajian rawon atau sekadar bersantai bersama keluarga, Pawon Omahku buka pada pukul 06.00 WIB hingga 23.00 WIB. (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Selanjutnya Sego Wiwit hingga Soto Bangkong…


Sego Wiwit

Sego Wiwit Jl. Adi Sucipto 48B Colomadu, Karanganyar (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Sego Wiwit adalah rumah makan yang menghadirkan pemandangan persawahan yang terletak di Jl. Adisucipto No. 48B Colomadu, Karanganyar.

Selain pemandangan sawah, Sego Wiwit juga menyediakan pemancingan ikan.

Santo, salah satu pegawai di Sego Wiwit menuturkan dahulunya sega wiwit adalah penganan yang biasa dibawa ke sawah oleh petani saat musim panen. Isinya beragam, mulai dari nasi putih, potongan kacang panjang, daun keningkir, taoge, ikan asin dan bumbu trancam.

Rumah makan yang buka pada pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB itu juga menghadirkan menu lain seperti olahan ikan air tawar, steak, aneka sup dan sayur. Sajian dengan harga termurah adalah sego wiwit lele dengan harga Rp14.000 per porsi.

Sedangkan makanan termahal adalah olahan gurami yang dipatok dengan harga hingga Rp72.000 per porsi. Sego wiwit juga menawarkan beberapa pilihan tempat untuk menikmati kuliner yang disajikan. Ada ruang makan yang terlihat seolah mengapung di atas kolam yang penuh dengan ikan. Ada pula saung dan lesehan panjang yang berada di bagian belakang Sego Wiwit.

Lalaah Resto

Lalaah Resto Jl. Adi Sucipto 48B Solo (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Nuansa Pulau Bali terasa kental saat memasuki Lalaah Resto. Kain bermotif kotak-kotak berwarna hitam putih menghiasi seluruh tiang dan meja makan yang ada di sana.

Sepasang payung khas pura bali dan sebuah lesung yang cukup panjang juga tampak menghiasi bagian depan Lalaah Resto.
Mengusung logo cabai merah, restoran yang dikelilingi areal persawahan itu terletak di Jl. Adisucipto No.48 Colomadu, Karanganyar. Ny. Kris, Admin Lalaah Resto menjelaskan Lalaah Resto hadir di Solo sebagai spesialis olahan seafood dengan bumbu Bali.

Salah satu menu seafood andalan di sana adalah udang bakar madu. Udang digoreng setengah matang dan dilumuri madu serta bumbu-bumbu lain baru kemudian ditusuk dan dibakar layaknya sate. Aroma yang dihasilkan tentu menggugah selera dan nafsu makan.

“Menikmati sajian Lalaah Resto dengan cita rasa Pulau Dewata ditemani semilir angin di siang hari dan suara katak di malam hari tentu menjadikan tempat ini sebagai salah satu yang tidak boleh dilewatkan saat melintas di Jl. Adisucipto,” jelas Ny. Kris.

Selain udang bakar madu, Lalaah resto juga menyediakan sajian kuliner lain seperti ikan bakar bumbu bali, lawar kacang, ayam bongkot, sate lilit, kerang bumbu Rajang dan ayam betutu. Sebagai pelengkap, disediakan pula empat macam sambal yaitu sambal matah, sambam mbe, sambal terasi dan sambal kecap.

Harga yang ditawarkan untuk olahan ikan adalah Rp14.000 per ons. Sedangkan olahan udang dijual dengan harga Rp24.000 per porsi. Tidak perlu bosan saat menunggu makanan disajikan di meja, karena Lalaah Resto memberikan kacang tanah rebus secara cuma-cuma sebagai camilan.

“Sajiannya lengkap, nuansa jawa sangat terasa dari rasa masakannya yang manis dan gurih. Kebersihannya juga bagus.”

Rumah Makan Taman Sari

RM Taman Sari, Jl. Adisucipto 168, Solo (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Deretan mobil, motor bahkan bus pariwisata adalah pemandanagan yang dapat dijumpai saat mengunjungi rumah makan (R.M.) Taman Sari. Letaknya di Jl. Adisucipto No. 168, Colomadu, Karanganyar, tepat berseberangan dengan Sego Wiwit.

Eko, salah satu pegawai mengungkapkan R.M. Taman Sari memang sering menjadi tempat makan para wisatawan yang karena memang di sana menyediakan menu masakan jawa yang komplet dengan harga yang murah.

Selain itu fasilitas seperti tempat makan yang bersih dan luas juga menjadi salah satu kelebihan di sana.

Beberapa kuliner yang dapat dicicipi di R.M. Taman Sari adalah ayam goreng kampung, garangasem ayam, pepes tongkol, bestik, sate uritan dan aneka macam pilihan sayur dan sup. Pengunjung dapat mengambil sendiri pilihan sajian yang mereka inginkan baru kemudian dibawa ke kasir untuk dihitung.

Sedangkan untuk minuman, rumah makan yang buka pada pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB itu menawarkan es dawet, es blewah, kopi, teh dan aneka jus buah.

Meitriani, salah satu wisatawan dari Jakarta mengungkapkan R.M. Taman Sari menawarkan menu rumahan yang enak. “Sajiannya lengkap, nuansa jawa sangat terasa dari rasa masakannya yang manis dan gurih. Kebersihannya juga bagus,” ujar Meitriani. Selasa (2/12/2014)

Harga makanan yang ditawarkan R.M. Taman Sari dibanderol dengan harga mulai Rp4.000 hingga Rp17.000. Sedangkan minuman dijual dengan harga mulai Rp2.000 sampai Rp8.000.

Banaran 9 Coffee and Tea

Banaran 9 Coffe and Tea, Jl. Adisucipto, Colomadu, Karanganyar (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Berada di ujung barat Jl. Adisucipto Colomadu, Karanganyar, Banaran 9 sangat mudah ditemukan karena memiliki ikon lokomotif kereta penarik tebu di bagian depannya.

Berada di bagian barat kompleks pabrik gula (PG) Colomadu, kafe yang buka pada pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB itu tidak hanya menawarkan sajian kopi dan teh melainkan suasana klasik sekaligus kolam air sebagai tempat bermain keluarga.

Terdapat beragam minuman yang ditawarkan oleh Banaran 9. Beberapa di antaranya adalah kopi tubruk, espresso, teh dengan rasa buah, aneka jus buah dan es krim. Sajian minuman dapat dinikmati dengan merogoh kocek antara Rp8.000 hingga Rp24.000.

Tidak kalah beragam, Banaran 9 juga menyajikan makanan seperti mendoan, singkong goreng, tahu kemul, tahu gejrot dan aneka steak dengan pilihan daging sapi, daging ayam dan seafood. Seporsi snack dijual dengan harga mulai Rp12.000 hingga Rp18.000. Sedangkan aneka steak dapat dinikmati dengan harga mulai Rp18.000 per porsi hingga Rp38.000 per porsi.

Selain menikmati suguhan di dalam ruangan coffee shop, pengunjung juga dapat bersantai di kursi payung di pinggir taman air Nyi Pulungsih. Taman air yang terletak di bagian samping belakang coffee shop Banaran 9 itu menawarkan wahana air seperti jembatan hujan, air tumpah, waterboom mini dan polo air.

Soto Bangkong

Soto Bangkong di Jl. Adisucipto Colomadu, Karanganyar (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

Rumah makan Soto Bangkong terletak di persimpangan Jl. Adisucipto dan Jl. Adi Sumarmo, Colomadu, Karanganyar. Menempati area pabrik gula (PG) Colomadu, Soto Bangkong tidak hanya menawarkan soto ala Semarang andalannya, namun juga menyajikan suasana klasik dari bangunan tua yang sudah ada sejak tahun 1861.

Berbeda dengan sajian soto di Solo pada umumnya, sajian soto di Soto Bangkong dihadirkan dalam mangkuk berdiameter lebih kecil namun lebih tinggi. Aroma sedap khas pala dan daun jeruk yang muncul dari uap kuah soto sangat dominan ketika soto tersebut dihidangkan.

Dalam satu mangkuk soto ala Semarang di Soto Bangkong terdapat nasi, suwiran ayam, irisan tomat, mi bihun, taoge, taburan bawang goreng serta irisan daun bawang. Lazimnya soto ala Semarang, sebagai pelengkap melahapnya, tersedia sate telur puyuh, sate kerang dan beberapa gorengan seperti mendoan dan tahu.

Robin, salah satu pegawai di Soto Bangkong menjelaskan perbedaan lain juga terdapat pada pada racikan bumbu untuk kuah serta suwiran ayam.

“Kuah dan suwiran ayam pada soto bangkong memang berwarna cokelat gelap karena diracik dengan bumbu khusus berisi kombinasi rempah-rempah dan bumbu dapur yang sudah digunakan oleh Soto Bangkong Semarang selama lebih dari 60 tahun,” jelas Robin. Rabu (3/12/2014).

Selain soto bangkong, hadir pula pilihan sajian lain seperti rawon, gudeg dan bakmi jawa. Satu porsi soto bangkong dapat dinikmati dengan harga Rp10.000. Sedangkan untuk gorengan dan aneka pilihan sate dijual dengan harga mulai Rp2.500 per piring.

Tak perlu takut kehabisan, Soto Bangkong mulai buka pada pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB. Selain suasana klasik, pengunjung yang datang ke sana juga dimanjakan dengan alunan live music bahkan bagi pengunjung yang memiliki hobi menyanyi juga dipersilakan berkaraoke ria. (Himawan Ulul/JIBI/Solopos)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif