Lifestyle
Senin, 8 Desember 2014 - 08:45 WIB

TIPS KESEHATAN : 4 Sayuran Ini Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Terong (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Beberapa  orang percaya makan sayuran mentah baik untuk menjaga nutrisi agar tak terbuang. Namun, perlu Anda ingat ada beberapa makanan yang sebenarnya tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah karena mengandung beberapa senyawa yang tak baik bagi kesehatan.

Dilansir situs Boldsky, Jumat (5/12/2014), berikut beberapa makanan yang tak boleh Anda konsumsi dalam keadaan mentah:

Advertisement

– Terong
Terong mengandung senyawa yang disebut solanin. Kandungan solanin yang ada pada terong ternyata dapat menyebabkan muntah, kram perut, pusing, dan diare. Oleh karenanya mengonsumsi terong sebaiknya harus dimasak terlebih dahulu.

– Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti buncis merupakan makanan yang berbahaya jika dikonsumsi mentah. Mereka mengandung glikosida sianogen yang merupakan asam amino beracun. Untuk menghilangkan racun ini dari sayuran, penting bagi Anda untuk merendam dan memasaknya sebelum dikonsumsi.

– Kacang Merah
Kacang merah adalah salah satu makanan yang sebaiknya tidak dimakan dalam kondisi mentah karena mengandung racun alami yang disebut lektin. Racun ini akan menyebabkan mual selama berjam-jam.

Advertisement

– Kentang
Kentang yang telah berwarna kehijauan menandakan jumlah solanin tinggi serta kandungan toksin chaconine yang dapat membunuh Anda. Kentang yang berwarna hijau tidak boleh dimakan mentah. Lebih baik Anda menghindari mengonsumsi kentang yang berwarna kehijauan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif