Jateng
Senin, 8 Desember 2014 - 18:00 WIB

KENAIKAN HARGA : Waduh, Harga Cabai di Kudus Tembus Rp100.000 Per Kilogram

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja)

Ilustrasi (Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja)

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Harga jual cabai di pasar tradisional di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, saat ini mengalami kenaikan hingga mencapai Rp100.000 per kilogramnya.

Advertisement

“Harga jual cabai yang mencapai Rp100.000 merupakan cabai jenis setan yang sebelumnya dijual Rp80.000/kg,” kata Tutik, salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Bitingan seperti dikutip Antara, Senin (8/12/2014).

Kenaikan harga jual cabai tersebut, kata dia, berlangsung sejak beberapa hari terakhir.

Advertisement

Kenaikan harga jual cabai tersebut, kata dia, berlangsung sejak beberapa hari terakhir.

Cabai jenis lain yang mengalami kenaikan, yakni cabai merah kriting dijual Rp70.000/kg, dibanding sebelumnya hanya Rp60.000/kg.

Sementara cabai rawit, kata dia, selama sepekan terakhir cukup stabil dengan harga jual Rp55.000/kg dan cabai hijau besar Rp35.000.

Advertisement

Akibat mahalnya harga jual cabai, kata dia, mayoritas pembeli mengurangi jumlah pembeliannya yang semula membeli 0,5 kilogram, kini hanya 1 ons.

“Kalaupun ada pembeli yang masih tetap bertahan membeli dalam jumlah seperti sebelumnya, biasanya para pemilik rumah makan,” ujarnya.

Pedagang lainnya, Khafid mengakui, sejak beberapa pekan terakhir harga jual berbagai jenis cabai cenderung mengalami kenaikan.

Advertisement

“Kenaikan tertinggi terjadi pada cabai setan yang awalnya hanya Rp80.000/kg, kini bisa dijual hingga Rp100.000/kg,” ujarnya.

Ia menduga, kenaikan harga komoditas tersebut tidak hanya karena faktor kenaikan harga jual bahan bakar minyak (BBM), melainkan karena bertepatan pula dengan musim panen yang sudah lewat.

Bahkan, lanjut dia, stok cabai di pasaran juga sulit diperoleh karena stok dari pemasok juga terbatas.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif