Teknologi
Senin, 8 Desember 2014 - 14:10 WIB

JARINGAN 4G : Jakarta dan Bali Sudah Bisa Cicipi 4G LTE

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Jaringan layanan seluler 4G berbasis Long Term Evolution (LTE) akhirnya resmi dikomersialkan oleh Telkomsel di Jakarta dan Bali. Apakah semua area di dua kota itu sudah kebagian sinyal 4G LTE?

Advertisement

Dalam wawancara detikINET dengan Direktur Utama Telkomsel, Alex Janangkih Sinaga, operator seluler ini katanya telah menyiapkan lebih dari 200 eNodeB untuk base station LTE di kedua kota itu.

Sementara dalam paparan terbaru Telkomsel, pelanggan operator seluler itu akan dapat menikmati layanan Telkomsel 4G LTE di 200-an lokasi yang telah diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic di Jakarta dan Bali. Tentunya setelah menukar kartu lama dengan kartu SIM khusus LTE.

Di Jakarta, Telkomsel 4G LTE didukung oleh jaringan yang beroperasi secara outdoor yang meliputi beberapa area di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur antara lain Bandara Sukarno Hatta, area Sudirman, Semanggi, SCBD, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Blok M.

Advertisement

Sedangkan untuk jaringan yang beroperasi secara indoor tersebar di 43 titik prominent high data traffic area seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, GraPARI Telkomsel, termasuk di dalamnya Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia, Kota Kasablanka dan lainnya.

Sedangkan di Bali, jaringan outdoor Telkomsel 4G LTE mencakup sekitar 90% wilayah kota Denpasar yaitu di kawasan Bisnis Teuku Umar, Imam Bonjol dan Sanur serta 80% wilayah kabupaten Badung meliputi kawasan Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran, kawasan GWK hingga sebagian kawasan Uluwatu.

Untuk jaringan indoor terdapat di kawasan bandara Ngurah Rai, Mal Bali Galeria, Discovery Mall, Beach Walk dan Mall Kutabex. Layanan Telkomsel 4G LTE juga dapat dinikmati di GraPARI Kutabex dan GraPARI Telkomsel di Jalan Diponegoro.

Advertisement

Sementara itu, untuk memberikan konsistensi pengalaman 4G LTE terbaik bagi pelanggan melalui seamless experience, Telkomsel bersinergi dengan Telkom menggelar WiFi dengan teknologi 802.11n (setara 4G) untuk melengkapi coverage Telkomsel 4G LTE, terutama yang berada di indoor.

Telkomsel 4G LTE juga seamless dengan 3G Telkomsel sehingga apabila pelanggan keluar dari coverage 4G LTE, maka layanan tidak akan terputus dan secara otomatis akan dilayani dengan coverage 3G Telkomsel.

“Adapun untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai lokasi-lokasi yang telah dilayani oleh jaringan 4G LTE, Telkomsel membuat peta interaktif yang dapat dilihat di microsite www.telkomsel.com/4G-LTE,” demikian seperti dikutip dari keterangan Telkomsel, Senin (8/12/2014)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif